Home > Artikel/Paper > Analisis Perbandingan Antara Web Vivanews.com dan Kompas.com

Analisis Perbandingan Antara Web Vivanews.com dan Kompas.com

Pardosi Evi Maria/080903656

A.    LATAR BELAKANG

 

       Perkembangan teknologi yan semakin canggih membuat masyarakat “haus” akan sebuah informasi dan berita-berita yang terupdate. Berita merupakan  laporan tercepat yang dilakukan oleh reporter (wartawan) mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media online seperti internet.  Wartawan sendiri pun dalam melakukan peliputan harus sesuai dengan kaidah jurnalistik yang ada. Jurnalistik sangat sering dikaitkan dengan wartawan dan pers. Secara teknis, jurnalistik adalah kegiatan menyiapkan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dan secepatnya. Dilihat dari segi bentuk pengelolaannya, jurnalistik dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu

1. Jurnalistik media cetak (newspaper and magazine journalism)

Jurnalistik media cetak dipengaruhi oleh dua faktor yakni faktor verbal dan visual yang sangat menekankan pada kemampuan kita memilih dan menyusun kata dalam rangkaian kalimat dan paragraf yang efektif dan komunikatif. Visual, menunjuk pada kemampuan kita dalam menata, menempatkan, mendesain, tata letak atau hal-hal yang menyangkut segi perwajahan.

Dalam perspektif jurnalistik, setiap informasi yang disajikan kepada khalayak, bukan saja harus benar, jelas dan akurat, melainkan juga harus menarik, membangkitkan minat dan selera baca (surat kabar, majalah), selera  dengar (radio siaran), dan selera menonton (televisi), Hal inilah yang membedakan antara karya jurnalistik dengan karya lainnya. Jurnalistik media cetak meliputi jurnalistik surat kabar harian, jurnalistik surat kabar mingguan, jurnalistik tabloid harian, jurnalistik tabloid mingguan, dan jurnalistik majalah.

2. Jurnalistik media elektronik audititif (radio broadcast journalism)

Jurnalistik media elektronik audititif adalah jurnalistik radio siaran. Jurnalistik radio siaran ini lebih banyak dipengaruhi oleh dimensi verbal, teknologikal, dan fisikal. Verbal, berhubungan dengan kemampuan menyusun kata, kalimat, dan paragraf secara efektif dan komunikatif. Teknologikal, berkaitan dengan teknologi yang memungkinkan daya pancar radio dapat ditangkap secara jelas dan jernih oleh pesawat radio penerima. Fisikal sangat erat kaitannya dengan tingkat kesehatan fisik dan kekmapuan pendengaran khalayak dalam menyerap dan mencerna setiap pesan kata atau kalimat yang disampaikan.

3. Jurnalistik media cetak audiovisual (television journalism)

Jurnalistik media elektronik audiovisual adalah jurnalistik televisi siaran dan jurnalistik media online (internet). Jurnalistik televisi merupakan gabungan dari segi verbal, visual, teknologikal dan dimensi dramatikal. Verbal berhubungan dengan kata-kata yang disusun secar singkat, padat dan efektif. Visual, lebih banyak menekankan pada bahasa gambar yang tajam, jelas, hidup dan memikat. Teknologikal, berkaitan dengan daya jangkau siaran, kualitas suara dan gambar yang dihasilkan serta diterima oleh pesawat televisi penerima di rumah-rumah.

Dramatikal berarti bersinggungan dengan aspek serta nilai dramatikal yang dihasilkan oleh rangkaian gambar yang dihasilkan secara simultan. Aspek dramatik televisi inilah yang tidak dipunyai media massa radio dan surat kabar.

Jurnalisme online seperti internet berbeda dengan jurnalisme konvensional yang sudah dikenal sebelumnya seperti televisi, radio dan cetak. Jurnalisme online memilik karakteristik yang berbeda yaitu terletak pada format, isi, mekanisme maupun proses hubungan penerbit dengan pembaca.

Setiap bentuk jurnalistik memiliki ciri dan kekhasannya masing-masing. Ciri dan kekhasannya itu antara lain terletak pada aspek filosofi dan penerbitan, dinamika teknis persiapan dan pengelolaan serta asumsi dampak yang ditimbulkan terhadap khalayak pembaca, pendengar, atau pemirsa.

       Melihat dari berbagai karakteristik tersebut, saat ini jurnalisme yang paling sering digunakan masyarakat untuk mengekspresikan setiap opini, pendapat atau artikel yang ditulis secara mudah dan cepat adalah jurnalisme online. Kemudahannya dalam mengakses berbagai berita membuat masyarakat lebih banyak memilih menggunakan jurnalisme online dibandingkan dengan jurnalisme konvensional.  Jurnalisme online saat ini dapat diakses melalui web berita, blog, wordpress, facebook dan lain-lain. Web berita menjadi salah satu media yang paling sering digunakan oleh untuk menyajikan liputan berita secara aktual berdasarkan fakta yang ada dan disajikan dalam bentuk kolom dan kategori. Melihat dari pengaksesan berita yang sangat mudah dan tingkat ketertarikan masyarakat untuk lebih memilih mendapatkan informasi dari web berita dibandingkan dengan media cetak, maka saya ingin mencari perbedaan yang signifikan antara 2 web berita yang cukup terkenal dan paling sering diakses oleh khalayak yaitu web Vivanews dan web Kompas.

B.     PEMBAHASAN

 

       Vivanews dan Kompas merupakan dua situs berita yang memiliki latar belakang penyajian berita yang berbeda. Vivanews merupakan situs berita yang tidak memiliki media cetak yang dikelola oleh PT Viva Media Baru, anak perusahaan dari yang mengelola bisnis penyiaran ANTV dan tvOne sedangkan kompas merupakan situs berita yang memiliki media cetak yaitu Surat Harian Kompas yang didirikan oleh            P. K Ojong dan Jakob Oetama. Vivanews merupakan pendatang baru di dunia berita online dibandingkan dengan kompas. Perkembangan yang semakin pesat yang dilakukan oleh Vivanews dalam kurun waktu kurang lebih 2,5 tahun akhirnya bisa merebut posisi kompas sebelumnya dan sekarang telah menjadi urutan nomor dua situs terbesar setelah Detik. Hal ini merupakan bukti pencapaian yang telah dilakukan oleh Vivanews walaupun situs tersebut masih merupakan situs pendatang baru di dunia berita online.  Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki oleh Vivanews dan Kompas dalam penyajian beritanya adalah sebagai berikut

  • Content

Jika dilihat dari isi beritanya, Vivanews telah memenuhi 5W1H sesuai dengan teknik penulisan berita yang baik dan benar. Menu yang disajikan pun terdiri dari beberapa kategori yang dapat dibaca dengan mudah oleh setiap khalayak (pembaca). Kategori tersebut seperti berita tentang politik, bisnis, nasional, metro, dunia, sains dan teknologi, sport, bola, otomotif, showbiz, cosmopolitan, sorot, analisis, makan, focus, forum, dan blog. Kelengkapan berita yang disajikan tentu menjadi daya tarik masyarakat untuk mau mengakses Vivanews sebagai media untuk mendapatkan informasi yang sangat update. Hal ini ditunjukkan ketika kita ingin mencari berita hangat baik dalam maupun luar negeri di situs mesin pencari, maka posisi hasil pencarian untuk berita di Vivanews lebih dominan dibandingkan dengan situs-situs berita lainnya. Sedangkan isi berita dari kompas juga cenderung sama dengan isi berita dari Vivanews tetapi yang berbeda adalah kategori berita yang disajikan oleh Kompas tidak sedetail Vivanews. Namun, dalam hal 5W1H kedua situs berita ini telah memenuhi syarat yang benar. Berita-berita yang disajikan juga memiliki tingkat keupdatean yang baik sehingga masyarakat bisa terus mengakses informasi secara aktual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

  •   Functionality

 Fungsi dari situs berita ini telah berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari isi berita yang sebagian besar terdiri dari informasi tentang peristiwa, kejadian, pengetahuan yang dapat memberikan pemahaman luas mengenai banyak hal. Saat ini, banyak sekali situs berita yang telah bergeser fungsi dari fungsi education menjadi fungsi entertainment. Sebagian besar masyarakat memang menginginkan informasi yang menghibur tetapi jika tidak diseimbangkan dengan informasi-informasi yang berisi pengetahuan maka hal ini tentu saja dapat menghambat kemajuan khalayak. Situs Kompas lebih banyak menyajikan berita yang bersifat education dibandingkan dengan entertainment. Hal ini menunjukkan Kompas memiliki konsistensi sebagai situs berita yang benar-benar menyajikan infomasi yang dapat menambah pengetahuan khalayak. Sedangkan situs Vivanews lebih banyak menyajikan informasi-informasi yang bersifat entertainment dibandingkan dengan education. Hal ini dapat menjadi masalah besar ketika fungsi entertainment tersebut memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan dengan dengan fungsi education. Khalayak tidak akan memiliki kemajuan dalam berpikir apabila hanya diberikan informasi yang bersifat menghibur.

  • Navigation

Karena kategori, iklan serta penempatan berita yang tidak tertata dengan baik dan sistematis membuat khalayak susah dan tidak tertarik untuk membaca satu artikel berita ke artikel berita lainnya. Iklan yang terlalu ramai membuat mata yang melihatnya pun menjadi susah untuk mencari artikel berita yang akan dibaca. Sebaiknya, penataan layout berita harus dibuat menjadi lebih rapi dan sistematis. Iklan pada layout web boleh untuk digunakan tetapi jangan terlalu banyak sehingga terkesan sangat memenuhi layout berita. Padahal jika penempatan beberapa iklan, kategori berita ditata secara baik maka akan menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk membacanya. Untuk memudahkan khalayak dalam mengakses informasi dimana saja dan kapan saja, Vivanews memiliki berbagai layanan seperti Vivanews on-tv maupun mobile.  Sedangkan pada Kompas, penempatan headline news, iklan maupun kategori-kategori berita sudah sangat sistematis. Khalayak yang membacanya pun akan sangat nyaman dan mudah ketika ingin membuka satu artikel ke artikel lainnya. Iklan yang tidak terlalu banyak membuat Kompas menjadi web berita yang benar-benar menunjukkan fungsinya sebagai situs yang menyajikan informasi yang bersifat education.

  • Audio or video quality

Vivanews memiliki sajian berita berupa video maupun audio quality. Khalayak tidak hanya mendapatkan informasi atau berita melalui artikel tetapi juga melalui video yang disajikan. Variasi berita yang disajikan oleh Vivanews tentu saja memiliki ketertarikan sendiri bagi masyarakat untuk mengaksesnya. Video yang tersedia pada Vivanews merupakan posting dari khalayak yang mendapatkan berita berdasarkan fakta yang ada. Video tersebut dapat diposting melalui U-report yang dimiliki oleh Vivanews. Khalayak dapat dengan mudah memposting berita berupa teks, foto maupun video melalui layanan tersebut. Pada kompas, video yang disajikan dalam situs tersebut disajikan berdasarkan kategori-kategori yang ada seperti berita, feature, hiburan, In Depth & Docs, maupun dialog. Kedua situs berita ini memiliki layanan berita yang cukup bervariasi  berupa video dan audio quality.

  • Interactivity

       Dengan keragaman berita yang disajikan oleh situs-situs berita membuat masyarakat untuk menjadi kritis dalam menanggapi sebuah berita. Untuk itu sangat diperlukan adanya interaksi antara situs berita dengan masyarakat sehingga dapat memberikan saran atau opini yang positif dan membangun bagi situs tersebut. Vivanews sangat memperhatikan hubungan komunikasi dengan khalayaknya (pembaca). Hal ini dapat dilihat dari adanya layanan interaktif yang dimiliki oleh Vivanews yaitu melalui facebook, twitter maupun surat. Masyarakat dapat dengan mudah memberika kritik maupun saran melalui layanan tersebut. Sedangkan kompas hanya memilikin layanan interaktif seperti facebook dan twitter sebagai media untuk berinteraksi dengan khalayak.

       Dari kelima karakteristik tersebut dapat dilihat kelebihan dari masing-masing situs berita yang sangat memudahkan masyarakat dalam segala hal. Tingkat pengakses situs berita yang terus meningkat menunjukkan bahwa jurnalisme online masih menjadi pilihan pertama masyarakat dalam mendapatkan informasi. Seperti yang tertulis dalam buku online journalism Principles and Practices of News for The Web (Holcomb Hathaway Publishers, 2005), keuntungan yang dimiliki oleh jurnalisme online adalah :

  1. Audience control. Jurnalisme online memungkinkan audience untuk bisa lebih leluasa dalam memilih berita yang ingin didapatkannya.
  2. Nonlienarity. Jurnalisme online memungkinkan setiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri sehingga audience tidak harus membaca secara berurutan untuk memahami.
  3. Storage and retrieval. Jurnalisme online memungkinkan berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah oleh audience.
  4. Unlimited service. Jurnalisme online memungkinkan jumlah berita yang disampaikan atau ditayangkan kepada audience dapat menjadi jauh lebih lengkap ketimbang media lainnya.
  5. Immediacy. Jurnalisme online memungkinkan informasi dapat disampaikan secara cepat dan langsung kepada audience.
  6. Multimedia Capability. Jurnalisme online memungkinkan bagi tim redaksi untuk menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya didalam berita yang akan diterima oleh audience.
  7. Interactivity. Jurnalisme online memungkinkan adanya peningkatan partisipasi audience dalam setiap berita

       Dan ketujuh keuntungan tersebut telah tercakup pada karakteristik yang dimiliki oleh Vivanews dan Kompas. Masyarakatlah yang dapat menentukan media mana yang lebih efektif digunakan untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Tetapi bukan berarti dengan kemudahan yang didapatkan, kita menjadi manusia yang malas berpikir dan menyalahgunakan media yang ada dengan tidak bertanggung jawab. Harapan saya adalah dengan kemudahan yang diberikan dari jurnalisme online dapat menuntut kita untuk berpikir menjadi lebih maju sesuai dengan perkembangan yang semakin canggih.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Sumadiria, AS Haris. 2005. “Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature”. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Sumadiria, AS Haris. 2006. ”Bahasa Jurnalistik”. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Http://media.kompasiana.com/mainstream-media/2011/04/28/vivanews-kalahkan-kompas/

 

 

 

 

About these ads
Categories: Artikel/Paper
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: