Audiensi Uskup Agung Semarang dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X

Antonius Kurniawan (00 09 01517)

Mgr. Johannes Pujasumarta & Sri Sultan HB X

Keuskupan Agung Semarang akhirnya memiliki gembala yang baru setelah untuk beberapa saat mengalami kekosongan tahta sejak Mgr. Ignatius Suharyo diangkat oleh Bapa Suci Benedictus XVI menjadi Uskup Kuajutor Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) pada tanggal 25 Juli 2009. Hingga pada tanggal 12 Nopember 2010 Tahta Suci Vatikan mengirimkan kabar bahwa Mgr. Johannes Pujasumarta yang pada waktu itu menjabat Uskup di Keuskupan Bandung diangkat menjadi Uskup Agung Semarang oleh Bapa Suci Benedictus XVI. Melalui Prosesi Instalasi Uskup pada tanggal 7 Januari 2011 yang disaksikan oleh Apostolic Nuntio Mgr. Leopoldo Girelli (Duta Besar Vatikan untuk Indonesia), Mgr. Ignatius Suharyo (Uskup Kuajutor Keuskupan Agung Jakarta) dan Mgr. Julianus Sunarka (Uskup Purwokerto), Mgr. Johannes Pujasumarta secara resmi menjabat Uskup Agung di Keuskupan Agung Semarang. Sebagai bentuk syukur, setelah Prosesi Instalasi Uskup tersebut kemudian dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Bapa Kardinal Julius Darmaatmadja sebagai Selebran Utama, kemudian Mgr. Leopoldo Girelli, Mgr. Ignatius Suharyo dan Mgr. Johannes Pujasumarta sebagai Konselebran. Perayaan Ekaristi tersebut juga dihadiri oleh Uskup-Uskup di Indonesia, para Imam dan Rohaniawan-Rohaniwati di Keuskupan Agung Semarang serta sebagian umat di Keuskupan Agung Semarang yang ingin mengungkapkan rasa syukur atas gembala barunya tersebut.

Mgr. Johannes Pujasumarta bukanlah wajah baru di Keuskup Agung Semarang ini, karena sebelum beliau dilantik oleh Bapa Suci Benedictus XVI menjadi Uskup Bandung, beliau telah menjadi Vikaris Jenderal (Vikjen) di keuskupan ini selama 10 tahun. Oleh karena itu, Mgr. Johannes Pujasumarta sudah sangat akrab dan dekat dengan Keuskupan Agung Semarang ini, sehingga dalam penggembalaannya di masa yang akan datang beliau terkesan tinggal melanjutkan karya pendampingan yang telah dirintis olehnya dulu ketika menjabat Vikjen di keuskupan ini, termasuk menjaga relasi yang telah terbangun baik dengan stakeholder di wilayah Keuskupan Agung Semarang.

Pada tanggal 5 Mei 2011, bertempat di Gedhong Jene (Gedung Kuning) komplek Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Mgr. Johannes Pujasumarta melakukan audiensi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dengan diantar rombongan antara lain Rm. Pius Riana Prapdi, Pr (Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang), Rm. Bernardinus Saryanto, Pr (Vikaris Episkopalis Yogyakarta), Rm. Aloysius Budi Purnomo, Pr (Ketua Komisi HAK Keuskupan Agung Semarang), Sr. Sesilia (Provinsial CB), Bpk. F. Koesdarto (Ketua Rombongan) serta beberapa orang yang menyertai rombongan tersebut, Mgr. Johannes Pujasumarta tiba di Keraton Yogyakarta pada pukul 19.50 WIB dan langsung disambut oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Pertemuan yang berlangsung hampir 2 jam tersebut selain sebagai bentuk Mgr. Johannes Pujasumarta memperkenalkan diri sebagai Uskup Agung Semarang, juga membicarakan hal-hal yang sifatnya sosial kemasyarakatan, antara lain tentang usaha menjaga kerukunan antar umat beragama, isu-isu politik yang sedang berkembang, serta persoalan-persoalan lain yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah. Dalam pertemuan yang terlihat santai tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengharapkan situasi kondusif yang telah dibangun oleh umat Katolik khususnya di Keuskupan Agung Semarang tetap terjaga dengan baik, tanpa menghiraukan isu-isu yang mungkin dapat memicu konflik horisontal. Sri Sultan Hamengkubuwono X juga menyampaikan harapannya tentang institusi pendidikan yang dikelola oleh Gereja Katolik agar tetap menjaga kualitasnya bahkan meningkatkannya.

Setelah dirasa cukup, pertemuan tersebut diakhiri dengan saling bertukar kenang-kenangan antara Mgr. Johannes Pujasumarta dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X dan foto bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s