Bigreds , Dari Jogja untuk Liverpool

Yogama Wijasmara

03668

Minggu malam pukul 20.00 di sebuah café yang terletak di Ringroad Utara Yogyakarta, suara gemuruh terdengar bak supporter di stadion sepakbola.Ratusan kelompok supporter Liverpool menyambut kemenangan telak atas Manchester United dengan skor 3 – 1. Tidak  ada tindakan anarkis, hanya suasana hangat berkumpul menonton di sebuah kain layar besar berukuran 2 x 3 meter. Sepakbola tampaknya telah menjadi salah satu olahraga terfavorit di Indonesia semenjak stasiun televisi – televisi swasta serentak  menanyangkan liga – liga domestik maupun luar negeri.

Sejak awal didirikan sejak awal tahun 2000 , kelompok penggemar Liverpool yang berpusat di Jakarta sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia termasuk Yogyakarta.Bold Indonesian Group Of Reds Suporter (Bigreds) Jogja hingga kini beranggotakan lebih dari 500 anggota aktif.Beberapa agenda rutin dilaksanakan seperti non-bar atau nonton bareng dan futsal  setiap minggunya.

Liverpool adalah sebuah klub sepakbola berasal dari Inggris yang sudah memperoleh berbagai trofi di pentas liga dunia.Seiring dengan prestasi yang terus menanjak, jumlah supporter kian bertambah yang tersebar di seluruh pelosok dunia.Hingga kini, jumlah penggemarnya di jejaring sosial internet  mencapai lebih dari 5 juta penggemar.

Komunitas yang bermarkas di Planet Futsal Yogyakarta ini memang sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung tanpa memperdulikan batasan usia dan golongan.

“Syaratnya hanya satu, harus mencintai Liverpool , hidup mati untuk Liverpool” ujar Bayu sambil tertawa.

Kedatangan Ian Rush , seorang legenda sepakbola dari Inggris yang merupakan salah satu mantan bintang Liverpool era 80-an ke Indonesia tahun lalu juga tidak luput dari agenda para liverpuldian untuk bertemu dengan sang idola.” Saya senang bisa bertemu dengan dia. Dua hari sebelumnya saya hanya melihat di televisi akhirnya sekarang bisa melihat langsung,” kata Odit,  yang mendapatkan tanda tangan di pakaian yang ia kenakan.

Kelompok penggemar sangat banyak bermunculan di Indonesia, selain Bigreds , ada United Indonesia untuk sebutan penggemar Manchester United di Indonesia, Indospurs , The Gooners , Indobarca ,MCI,Milanisti Indonesia dan yang lain.Hal ini tak pelak mengundang persaingan tersendiri antar kelompok penggemar. Namun menurut Hendra salah satu anggota Bigreds Jogja,”Buat apa kami bertengkar,kita kan sama –sama senang sepakbola,jadi tetap saling mendukung lah”.

Terlepas dari itu semua,kemunculan kelompok – kelompok seperti ini di tanah air sudah tentu turut menanamkan tren positif di kalangan anak muda.

Video suasana nonton bareng Bigreds Jogja :

 

One thought on “Bigreds , Dari Jogja untuk Liverpool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s