Kirab Budaya

Clara Yunizha

03451

Kirab budaya merupakan acara tahunan yang di selenggarakan dalam rangka ritual doa bersama yang di ikuti oleh seluruh umat beragama. Acara tahunan ini belum lama di lakukan, tidak sejak jaman dahulu, bisa dibilang ini sebuah acara baru yang di rutin kan setiap tahunnya.

Kirab budaya tidak hanya berlangsung di Yogyakarta, di daerah lain pun ritual ini kerap di gelar. Kirab budaya di kota Bandung tidak hanya di ikuti oleh 5 agama yang di akui di Indonesia, tetapi juga menampilkan acara khas tionghoa pada saat perayaan cap go meh. Jadi kirab budaya ini sebenarnya bertujuan untuk menyatukan suku, ras, dan seluruh pemeluk agama di Indonesia agar tercipta kerukunan dan terhindar dari perang antar suku, ras, dan agama seperti yang sudah sering terjadi belakangan ini.

Di Yogyakarta sendiri kirab budaya di gelar pada hari Kamis 19 Mei 2011 pukul 22.00 WIB yang di ikuti oleh Forum Komunikasi Umat Beragama yang berasal dari berbagai macam daerah. Acara ini di mulai dengan melakukan topo bisu, atau berjalan kaki tanpa bicara dari Monumen Yogya Kembali hingga Tugu Yogyakarta.

Sesampainya di Tugu forum tersebut di sambut oleh 5 pria berbaju adat jawa. Acara di pimpin oleh MC wanita yang mengenakan kebaya, yang juga memimpin menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa.

Acara kemudian dilanjutkan dengan menggelar doa bersama dan menyirami sekeliling Tugu dengan air suci. Tidak berlangsung lama, kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju alun-alun utara untuk menggelar ritual yang lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s