Kledokan, Never Ending Kos-kosan

Nama: Hendrika Windaryati

080903638

 

Jogja – Predikat Jogja sebagai kota Pelajar membuat  banyak perguruan tinggi tersebar disini, salah satu kawasan yang menjadi pusat pendidikan adalah kawasan Babarsari kehadiran beberapa perguruan tinggi swasta di kawasan Babarsari nampaknya membawa dampak yang cukup positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, banyak bisnis tersebar disini, salah satu yang menonjol adalah bisnis Kos-kosan.

 

Setiap tahun ratusan mahasiswa berdatangan dari seluruh daerah di Indonesia untuk menimba ilmu dan menetap di kawasan ini. Hal ini membuat dari tahun ke tahun kawasan Babarsari terus berkembang pesat. Dikarenakan banyak pendatang yang notabene mahasiswa memenuhi kawasan ini memicu berbagai jenis usaha bertumbuh mulai dari usaha warnet, warung, cafe, dan kos-kosan yang merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi mahasiswa pendatang. Ini menjadi  dampak yang menguntungkan memang bagi perekonomian masyarakat.

 

Jika kita berjalan di  Kledokan yang merupakan salah satu kawasan di  Babarsari kita akan di suguhi pemandangan yang didominasi oleh plakat  yang tertera nama kos-kosan, kalimat seperti “terima mahasiswi” atau “ada kamar kosong”. Kledokan memang merupakan wilayah di babarsari yang didominasi oleh kos-kosan baik yang berbentuk kos-kosan secara utuh maupun yang tergabung dengan rumah pemilik kos-kosan. Menurut Tuti (56) warga asli kledokan dulunya kos-kosan tidak sebanyak sekarang “ dulu tuh sepi banget disini mbak, jalanan juga tidak seperti sekarang masih tanah, tapi sekarang pesat banget perkembangannya mulai dari tahun 2000an  seingat ibu pasti ada tambahan kos-kosan dimana-mana ” ujarnya.

 

Pesatnya perkembangan kos di Kledokan di tengarai karena daerah ini cukup strategis sebagai tempat tinggal mahasiswa yang rata-rata kampusnya memang terdapat di wilayah Babarsari seperti Universitas Atma Jaya, Universitas Pembangunan Negara, Unversitas Proklamasi dan Universitas Respati. Di tahun 2011 di kledokan  teradapat 3 kos-kosan  putri yang  baru beroperasi dan tidak butuh waktu lama kos-kosan tersebut sudah terisi penuh oleh mahasiswa. Hal yang sama juga di alami oleh Kos putri Asem Bagus yang terletak di kledokan CT XIX D 79. Kos-kosan ini terus mengalami penambahan kamar karena banyaknya peminat yang ingin tinggal di kos ini,  Menurut Mardi (48) selaku penjaga Kos mengatakan kos ini sudah empat kali mengalami penambahan kamar, dari tahun 2003 yang hanya berjumlah 25 kamar meningkat terus hingga berjumlah 96 kamar dan saat ini lagi dalam proses pembangunan 4 kamar baru, jika sudah selesai di bangun jumlah kamar di kos ini  berubah  menjadi 100 kamar.

Tarif kamar kos yang berada di  daerah Kledokan rata-rata mematok harga  Rp 300.000 – Rp 500.000/ bulan yang di bayar per tiga bulan atau per enam bulan secara langsung. Tarif Kos ini tidak bersifat tetap, Menurut Lia salah satu penghuni kos asem bagus  Sejak dia mulai kos di kos-kosan ini 3 tahun yang lalu ia sudah mengalami dua kali kenaikan tarif kos, biasanya kenaikan terjadi di saat tahun ajaran baru berlangsung. “ Awal pas masuk tuh kosnya Rp 300.000 per bulan terus naik jadi Rp 325.000  per bulan nah  pas Juli ini nih yang naiknya drastis banget dari Rp 325 ribu jadi Rp 400.000 per bulan” Ujarnya. Namun harga yang relatif mahal ini tidak mempengaruhi jumlah orang yang ingin tinggal di tempat ini.

Menurut Mardi Lebuh lanjut Fasilitas yang di tawarkan oleh kos ini yang mungkin menjadi faktor orang tertarik untuk tinggal di tempat ini. “Fasilitasnya lumayan lengkap disini semuanya udah di sediain, listrik juga udah termasuk biaya per bulannya, jadi banyak yang senang disini,” ungkapnya. Melihat masih adanya lahan kosong kawasan ini, tidak menutup kemungkinan pembangunan kos-kosan akan terus bertambah di masa mendatang. Kos-kosan akan menjadi bisnis yang tetap menjanjikan selama mahasiswa tetap ada.  (HNY )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s