Komunitas Sepeda Fixie Ajang Stop Global Warming

Priska Zahra R / 080903647

        Sepeda roda dua dengan warna yang beragam dan nyentrik berlalu lalang melewati sepanjang jalan Malioboro di malam hari. Tepat jam 10 malam sepeda-sepeda ini sudah mulai berjejer rapi dan terparkir sesuai dengan pemiliknya. Sesekali sang pemilik mencoba memainkan sepeda-sepeda mereka dengan menampilkan trik menarik dari sepeda fiksi.

Sepeda fixie yang beragam warnanya

      Fixie merupakan singkatan dari Fix gear yang diartikan sebagai sebuah konstruksi atau transmisi yang sudah mati. Fixie juga terbentuk karena fashion serta warna yang beragam. Sepeda ini memiliki sembilan warna pokok di setiap designnya dan warna tersebut diurutkan dari yang pertama hingga yang terakhir. Warna-warna tersebut terdiri dari putih, hitam, merah, biru, hijau, kuning, pink, ungu, serta orange.

    Komunitas Sepeda fixie yang terkenal dengan memiliki keragaman warna membuat seluruh masyarakat Yogyakarta pasti tertarik untuk membelinya bahkan mencari informasi mengenai sepeda fixie. Komunitas Fixie biasa kita temukan di sekeliling Jalan Mangkubumi atau di sekitar Taman Budaya Yogyakarta pada setiap hari rabu dan jumat malam. Di Yogyakarta komunitas sepeda fiksi juga sudah mulai beragam, dari komunitas yang dibentuk secara pribadi bahkan komunitas yang paling besar. Salah satu komunitas Fixie yang paling terkenal dan paling pertama di Yogyakarta adalah Bandidos.

orang-orang dengan sepeda fixie nya

Ardi (23), selaku anggota dari Bandidos mengatakan, ”komunitas Bandidos itu adalah komunitas fixie pertama yang terbentuk di tahun 2009. Dan sekarang anggotanya sudah mencapai 300 sampai 400 orang.” Dari kemunculan komunitas Bandidos, kemudian terbentuklah komunitas baru sepeda fixie yang sudah mulai menjamur di Yogyakarta.

     Terbentuknya komunitas-komunitas fixie seperti Bandidos ini tentu memiliki visi dan tujuan yang jelas yaitu untuk menyatukan suatu hobi bersepeda ditambah berbagi pengalaman jika memiliki trik-trik baru tentang sepeda fixie. Keunikan sepeda fixie dibandingan sepeda biasa adalah cara teknik penggunaannya. Sepeda fixie merupakan sepeda tanpa rem, mereka hanya menggunakan kaki sebagai pengontrol kecepatan. Selain untuk bersepeda fixie juga digunakan untuk memainkan trik, baik style atau apapun.

Komunitas Sepeda Fixie (Bandidos dan Kaskus)

     Dengan kemunculan sepeda fixie banyak respon-respon positif masyarakat tentang keberadaannya. Disamping sebagai salah satu alat untuk berolahraga, fixie dikatakan sebagai salah satu penunjang anti global warming yang dilakukan oleh masyarakat. ”positif sekali jika adanya sepeda fixie. Membantu mengurangi asap kendaraan juga sebagai salah satu pencegahan global warming.” Ujar Ratih (21) dengan menggebu-gebu.

ngobrol dan kumpul-kumpul komunitas Fixie

    Bandidos yang juga dikatakan sebagai pencetus komunitas fixie mengatakan demikian, bahwa fixie dapat dijadikan motivasi bagi pencegahan global warming. namun sebagai salah satu alat pencegah global warming, sepeda fixie banyak pula yang menimbulkan beberapa kontra. “boleh saja punya sepeda fixie, tapi dipakai juga pada saat beraktifitas. Kalau hanya dipakai malam hari saja sama aja bohong. Bukan stop global warming namanya.”ungkap Frida (23), salah satu mahasiswi.

      Dari sisi komunitas fixie yang lain ketika ditanya perihal ini juga menjawab,”karena sudah banyak sepeda fixie sekarang-sekarang ini memang suka sedikit kesal. Kadang dipanggil juga ada yang sombong. Kalau kami pribadi menggunakan sepeda sudah sebagai penunjang aktifitas bukan hanya numpang gaul atau mengikuti tren saja.”ujar Aam (23), anggota komunitas fixie dari forum kaskus.

     Komunitas Bandidos dari masalah ini juga membenarkan, bahwa saat ini banyak komunitas fixie terbentuk sendiri-sendiri dan sebagai komunitas pertama, Bandidos berusaha menyatukan orang-orang yang memiliki sepeda fixie , tetapi terkadang kurang mendapatkan respon yang baik dari pemiliknya. Untuk itu di adakanlah sebuah ajang atau event besar yang dilakukan oleh seluruh komunitas fixie Yogyakarta yang bernama Jogja Last Ride.

      Jogja last ride merupakan salah satu ajang berkumpulnya seluruh komunitas-komunitas sepeda fixie ataupun pribadi di seluruh Yogyakarta. Acara atau event ini biasanya diadakan pada setiap hari Jumat bulan terakhir. Dari berbagai kalangan berkumpul menjadi satu yaitu ajang pamernya sepeda fixie. Wadah seperti ini sudah dapat diartikan bahwa komunitas fixie sangat mendapatkan respon yang sangat baik dari semua kalangan.

     “Selain sebagai ajang kumpul-kumpul setidaknya pemerintah dapat memberikan kami ruang publik sebagai salah satu apresiasinya karena sepeda-sepeda seperti ini memerlukan track-track yang datar.”ungkap Aam sambil tertawa ketika ditanya tentang harapan terhadap pemerintah. Karena jika kita ingin meilihat, pemerintah belum menjadikan komunitas-komunitas seperti ini sebagai panutan yang patut untuk ditiru.

    Oleh karena itu, dengan adanya komunitas fixie setidaknya pemerintah lebih memperhatikan hal ini sebagai sesuatu yang positif. Terbentuknya komunitas sepeda fixie tertutama Bandidos merupakan suatu panutan yang patut untuk ditiru. karena selain  kita juga diajarkan untuk menjadi manusia yang mencintai bumi, kita juga dapat menjalani kehidupan yang sehat dengan berolahraga dan menyelamatkan bumi kita dari asap-asap kendaraan bermotor.

2 thoughts on “Komunitas Sepeda Fixie Ajang Stop Global Warming

  1. Untuk itu di adakanlah sebuah ajang atau event besar yang dilakukan oleh seluruh komunitas fixie Yogyakarta yang bernama Jogja Last Ride.

    IMHO: Jogja Last Friday Ride bukannya diadopsi dari Last Friday Ride yang juga di adopsi dari critical mass yang merupakan even atau agenda rutin komunitas sepeda Internasional ya? dan bukan hanya fixie, tapi seluruh kmnts sepeda, bahkan awalnya kebanyakan adalah sepeda MTB.. Dan kebetulan aja akhir2 ini kebanyakan, didominasi oleh komunitas fixie.. CMIIW.

    Go Green.. Keep riding..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s