Lebih Cepat Lebih Menarik

Lebih Cepat lebih Menarik
Setidaknya kecepatan menjadi sumber daya tarik bagi seseorang dalam memperoleh informasi. Saat ini internet bukanlah hal baru lagi. Jaringan berbasis internet ini dikembangkan dan di ujicobakan pertama kali tahun 1969 oleh US Departement of Defense dalam proyek ARPANet (Advanced Research Project Network). Dari situ internet berkembang dengan sangat pesat dan mulai merakyat.
Selain bertindak dalam hal kecepatan, kelebihan internet adalah lebih komunikatif . seperti melalui fitur chatting dan email. Terlebih saat ini, internet seperti memenangkan posisi dalam kecepatan dalam revolusi informasi. Melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, YM dan masih banyak lagi. Semua kemudahan ditawarkan melalui situs ini. Jaringan internet merupakan komunikasi timbal balik/ interactivity, penerima dapat memilih berita yang diinginkan, menjawab kembali, menukar informasi dan dihubungkan dengan penerima lainnya secara langsung. Kelenturan/ flexibilitas bentu, isi dan penggunaan (McQuail, 1987:16).

Kelebihan
Yang menjadi keunggulan internet lainnya adalah akses yang mudah. Proses akses tidak hanya dapat dilakukan orang dewasa namun juga anak-anak. Hal ini menjadi nilai lebih bagi internet dalam menjaring pengguna. Kemudian akses data yang tiada batasnya. Dengan memasukkan kata kunci singkat melalui mesin pencari google, dalam hitungan detik saja kita sudah menemukan jawaban dari pertanyaan kita. Semudah membalikkan telapak tangan ketika kita bersentuhan dengan internet.
Keunggulan lainnya adalah, akses yang dapat dilakukan tanpa batas.sehingga dalam keadaan dan waktu apapun kita dapat melakukan googling, chatting, dan beraneka kegiatan lain dalam dunia internet. Sudah tanpa batas, lagi murah. Ini yang digemari pecinta dunia maya. Dengan menggunakan internet pun kita sudah mengurangi penggunaan kertas untuk proses cetak file, karena file dapat kita simpan dalam bentuk soft melalui penyimpan data dalam di flash disk.

Kelemahan
Sekalipun tampak banyak kelebihan internet, selalu saja ada kekurangan yang ditemukan. Seperti rentan terhadap virus, virus yang dapat tersebar melalui jaringan sampai pada file-file yang didownload. Sekalipun sudah ada pengamannya, tetap saja untuk yang satu ini masih terasa mengganggu. Sehingga anti virus yang baik sejatinya adalah berawal dari user / pengguna.

Kebenaran yang diragukan dalam media blog dari mesin pencari, membuat orang seringkali terjebak dengan kebingungan setelah mendapat banyak informasi yang dimunculkan. Sehingga ada baiknya informasi yang dicari langsung menggunakan link yang resmi saja.
Tetapi tidak dapat dipungkiri karena media berbasic online inilah yang membuat kemudahan bagi khalayak di era global saat ini. Aktifitas masyarakat yang kini lebih menuju mobilitas tinggi membuat semua harus berlangsung cepat. Internet dan jurnalisme online merupakan jalan keluar. Semua serba tinggal click dan semua kebutuhan informasi akan muncul. Tidak ada yang disalahkan dengan adanya kemudahan-kemudahan ini, terlebih karena melalui media online inilah yang menjadikan media ini lebih efektif dalam memberikan pengaruh bagi khalayak.

Agustina Yuliastuti/ 03437

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s