Perubahan Alur Perekonomian di Pasty

Putu Satria ( 03389 )

BANTUL– Dengan berpindahnya kawasan berjualan Pasar Ngasem yang dimana pasar tersebut menyediakan beraneka hewan dan pakan ternak kekawasan Bantul menjadikan omset umumnya dari para pedagang menjadi meningkat dua kali lipat dari sebelumnya disamping itu pengunjung yang datang pun bertambah banyak dari tempat dimana awal mereka berjualan.

Pasar Ngasem sekarang menjadi sangat baik dalam segala aspeknya. Perpindahan pasar ngasem kewilayah Bantul empat bulan lalu yaitu sekitar tanggal 23 mei 2010, ternyata bukan menjadi keresahan bagi seluruh pedagang. Tetapi mereka malah sangat bersyukur dan merasa senang karena, tampat yang baru bagi mereka melakukan kegiatan berdagang sangatlah baik sekali. Mulai dari kondisi tekstur bangunan kios mereka sangat rapi, tata ruang yang dibangun cukup baik karena, terdapat musholah, kebun binatang yang dibuat mini, banyak terdapat taman kecil-kecil.

Selain itu, tempat mereka berjualan lumayan bersih dan rapi. Disadari atau tidak bahwa dari semua aspek yang di paparkan di atas termasuk senjata yang baik untuk menarik para pengunjung datang ke pasar tersebut dan menikmati yang disajikan di pasar tersebut. Pastinya untuk membeli apa yang di inginkan oleh para pengunjung dipasar tersebut.

Semua itu senada semua dengan apa yang di paparkan oleh Ibu Parjiah selaku pedagang di Ngasem yang menjual pakan ternak ketika saya wawancarai. Ibu parjiah mengatakan “ Saya merasa biasa saja saat Pasar ini mau di pindah ke daerah Bantul ini. Malah saya agak sedikit senang karena tempat yang akan saya tempati seperti ini lebih baik dari pada yang sebelumnya”. Ibu tersebut mengatakan seperti itu karena, ia merasakan sendiri apa yang terjadi de lokasi yang baru.

Setelah itu pertanyaan kedua yang saya tanyakan adalah tentang omset yang di dapat oleh Ibu Parjiah. Ia mengatakan “ omset yang saya dapat jauh lebih banyak dari pada yang saya dapat dilokasi sebelumnya. Mengapa karena pengunjung yang yang datang hanya datang saja tidak membeli”.Yang diharapkan dari ibu parjilah adalah ingin dagangannya lebih banyak lagi seperti dengan apa yang dirasakan dulu di pasar ngasem yang lama walau sekarang memang sudah banyak yang laku. Beliaupun mengatakan memang di sini tempatnya rapi dan uang sewanya murah tetapi, sama aja jika hasil penjualannya rendah.

Tetapi hal itu tidak senada semua dengan apa yang di paparkan oleh ibu Tom yang sangat tidak nyaman dengan hasil penjualan yang didapat ibu Tom dibandingkan dengan dingasem yang lama, yang dimana penjualannya baik dan menguntungkan. Beliau mengatakan di sini memang banyak orang yang datang dan melihat-lihat tetapi hanya untuk jalan-jalan saja tidak membeli.

Salah seorang pengunjung mengungkapkan bahwa “ memang benar ngasem yang sekarang memang lebih bagus dan nyaman untuk berkunjung dari pada dilokasi yang lama yang kumuh” ujar eko. Setelah itu ia pun mengatakan bahwa memang cenderung datang ke sini untuk melihat-lihat saja dan refresing sehabis pulang kerja dari pada membeli.

Hal yang berbeda dikatakan oleh pengunjung wanita yang bernama theo ia mengatakan “ saya kesini tidak hanya suka dengan tempatnya saja tetapi memang saya membeli makanan anjing saya disini dan sambil melihat anjing apa yang baru datang karena saya sedikit gemar untuk mengkoleksi anjing dan mengawinkannya untuk dijual kembali.

Mengenai suasana pasar yang semakin baik, Pasar Ngasem mengalami lonjakan pada omset. Itu terjadi karena, pasar semakin ramai pada saat hari sabtu dan minggu. Itu dipicu karena, pada saat hari itu pengunjung sudah mulai libur dan ingin berjalan jalan ke Pasar Ngasem tidak hanya melihat hewan-hewan yang lucu-lucu saja tetapi, di tempat tersebut sangat enak pula pemandangan untuk berjalan-jalan dan bersantai. Itu dipicu dengan adanya taman-taman kecil dan tempat untuk bersantai.

Jadi, dengan demikian masyarakat secara tidak langsung tidak akan merasa tidak nyaman lagi jika harus mengunjungi Pasar Hewan. Karena sekarang keadaan pasar tersebut sudah menjadi lebih baik dab pastinya bersih. Dan meski tempat berjualan para pedagang Pasar Ngasem sekarang jauh dari lokasi awal, para pedagang pun tidak perlu risau karena mereka tidak ditinggalkan pelanggan tetapi, pelanggan yang datang semakin banyak.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s