Tak gendong Bersama Trans Jogja

Nama : Yulius Reza Sukamdani

NIM : 08 09 03447

 

“Tak gendong,  kemana-mana” inilah sepenggal syair lagu oleh almarhum Mbah Surip. Lagu ini bercerita tentang bagaimana sang penyanyi ingin mencoba memanjakan para pendengarnya untuk kemudian seolah-olah diajak berkeliling dunia. Kali ini bukan berkeliling dunia, tetapi cukup berkeliling di  Kota Gudeg Yogyakarta menggunakan kendaraan umum berwarna hijau dan kuning yang cukup bersahabat baik dengan warga setempat maupun wisatawan-wisatawan yang ada, ya inilah dia salah satu kendaraan umum yang ada di Jogja, si Traja atau “Trans Jogja”.

Si Traja (Trans Jogja)

Oleh Dinas Perhubungan, Trans Jogja mulai beroperasi pada tahun awal bulan Maret 2008. Adapun jaringan trayek dan halte nya dapat dilihat pada peta berikut :

Map Trayek & Halte

Jaringan Trayek & Halte si Traja (Trans Jogja)

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp. 3.000,- kita sudah bisa menikmati fasilitas umum ini. Dapat dilihat pada peta diatas, hampir sebagian besar lokasi-lokasi yang paling diminati para wisatawan lokal maupun asing, seperti Candi Prambanan, Malioboro hingga terminal-terminal umum ketika para wisatawan luar Jogja ingin mencari kendaraan untuk pulang.

Akibat terjangkaunya harga yang ditawarkan dan berbagai fasilitas pendukung lainnya, Trans Jogja selalu dipadati oleh para penumpangny, lihat saja beberapa foto dokumentasi berikut :

Salah satu penjaga shelter yang sedang menghitung uang dari pembayaran tarif Trans Jogja

Keramian di Shelter Trans Jogja

Anak-anak Liburan memenuhi Shelter Trans Jogja

Tentunya dalam musim liburan penumpang akan semakin bertambah, karena jumlah wisatawan di Jogja sendiri pada musim liburan meningkat. Para petugas Shelter dan petugas didalam Trans Jogja tersebut juga melakukan tugasnya dengan baik. Hal ini bisa kita lihat salah satunya para petugas biasanya menggunakan baju batik dan dengan sikapnya yang ramah melayani para penumpang Trans Jogja.

Jadi tunggu apalagi, Traja siap menggendong para wisatawan untuk mengelilingi kota Jogja yang memiliki cukup banyak lokasi wisatanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s