TOILET UMUM

Erika Damayanti (050902882)

Indonesia sebagai Negara yang padat penduduknya, menjadikan Negara ini sebagai pusat berbagai kegiatan, mulai dari pendidikan, perdagangan, perkantoran, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan, dapat dikatakan nyaris tidak pernah berhenti dari berbagai aktivitas. Melihat dari fungsinya, banyak sekali fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat. Fasilitas umum adalah segala sarana dan prasarana yang ada dilingkungan umum yang dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Fasilitas umum itu banyak macamnya, diantaranya tempat ibadah, telepon umum, rumah sakit, jalan raya, tempat rekreasi, kendaraan umum,pasar, fasilitas olahraga dan sebagainya.

Satu dari sekian banyak fasilitas umum yang mempunyai peranan dan kegunaannya masing-masind dan yang akan ditinjau kali ini adalah toilet umum. Setiap gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, tempat pariwisata juga bangunan dengan fasilitas untuk umum lainnya pasti memiliki toilet. Namun, tak seperti area lobi atau ruang tamu, toilet masih sering diabaikan kebersihannya. Padahal, kebersihan toilet termasuk salah satu yang paling diingat orang ketika berkunjung ke suatu tempat. Sayangnya, kesadaran untuk menjaga kebersihan toilet, apalagi toilet umum, masih sangat rendah.

Berikut ini yang termasuk dalm standarisasi toilet umum yang baik, seperti yang dilansir dari situs Kementrian Pekerjaan Umum (PU), meliputi :

  • Persyaratan Ruang : Ruang untuk buang air besar (WC) P = 80-90 cm, L = 150-160 cm, T = 220-240 cm dan Ruang untuk buang air kecil (Urinoir)
    L = 70-80 cm, T = 40-45 cm
  • Sirkulasi Udara : Mempunyai kelembaban 40 – 50 %, dengan taraf pergantian udara yang baik yaitu mencapai angka 15 air-change per jam (dengan suhu normal toilet 20-27 derajat celcius)
  • Pencahayaan : Sistem pencahayaan toilet umum dapat menggunakan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Iluminasi standar 100 – 200 lux.
  • Konstruksi Bangunan :
  1. Lantai, kemiringan minimum lantai 1 % dari panjang atau lebar lantai.
  2. Dinding, ubin keramik yang dipasang sebagai pelapis dinding, gysum tahan air atau bata dengan lapisan tahan air.
  3. Langit-langit, terbuat dari lembaran yang cukup kaku dan rangka yang kuat sehingga memudahkan perawatan dan tidak kotor.

Berikut adalah gambar toilet yang berkualitas, yang bersih, dan peduli kesehatan. Ini adalah toilet yang ada di kampus saya, hehehe

Di gambar yang ada di atas, kita dapat melihat gambar toilet yang bersih, tetapi pada umumnya, fakta yang sering didapati tidak semua toilet memenuhi standarisasi toilet sehat dan higienis. Melihat situasi toilet yang kadang tidak bersih, membuat masyarakat yang menggunakan toilet merasa tidak nyaman, sebut saja tempat keramaian seperti pasar yang memang dominan terkesan jorok dan tidak terlalu bersih, karena terlalu sering terdapat toilet yang tidak terawat, masyarakat menjadi beranggapan bahwa, toilet kotor adalah hal biasa yang harus dimaklumi karena jumlah penduduk Indonesia yang begitu banyak. Sungguh memprihatinkan bukan??

Inilah fakta yang ditemukan terkait dengan toilet yang kurang sehat dan tidak terawat

Pemerintah Indonesia telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pembuatan toilet yang bersih dan sehat. Tetapi terkadang kurangnya kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan pun membuat program pemerintah untuk toilet bersih tidak berjalan maksimal. Seperti yang telah dilansir dari http://www.rimanews.com bahwa Kurangnya kesadaran masyarakat untuk turut menjaga kebersihan toilet membuat Indonesia menduduki posisi ke-12 dari sekitar 18 negara di Asia yang memiliki kualitas toilet yang buruk. Kualitas buruk toilet di Indonesia ini tentu berimbas pada citra buruk negara Indonesia.

Sebenarnya gerakan toilet bersih dan higienis sudah digembar-gemborkan sejak 10 tahun lalu. Tepatnya sejak 2001, WTO (World Toilet Organization) mencanangkan setiap tanggal 19 November sebagai Hari Toilet Sedunia. Andaikan gerakan ini juga gencar dicanangkan di Indonesia, bukan tak mungkin sedikit demi sedikit kondisi toilet di Indonesia yang memprihatinkan dapat diperbaiki.

Referensi :

http://pustaka.pu.go.id/new/artikel-detail.asp?id=1

http://www.rimanews.com/read/20111018/43986/toilet-umum-di-indonesia-kotor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s