Balap Liar Bahayakan Pengguna Jalan

YOGYAKARTA – Aksi balapan motor liar yang dilakukan puluhan pemuda di Jalan Stadion Baru, depan Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, sangat mengganggu dan meresahkan pengguna jalan serta masyarakat sekitar, karena aksi tersebut dinilai dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan pengguna jalan lainnya, saat menggunakan fasilitas jalan umum tersebut.

Foto : Balap Motor Liar di Jalan StadionBru, Depan Stadion Maguwoharjo – Yogyakarta

Aparat Kepolisian Sektor Depok Timur, Yogyakarta, melarang keras kegiatan balapan motor liar di depan Stadion Maguwoharjo tersebut dilakukan. Patroli, himbauan, penindakan dan kerja sama dengan warga, pengguna jalan, serta dengan aparat kepolisian Polsek Kemplak, Yogyakarta, terus dilakukan untuk mencegah aksi balapan motor liar dan mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan oleh aksi balap motor liar tersebut.

Meskipun pihak kepolisian sudah mengambil langkah tegas dalam menangani problematika ketertertiban berlalu lintas tersebut, dengan melakukan patroli dan penangkapan terhadap pembalap liar beserta kendaraannya. Para pemuda yang memiliki hobi balap motor ini, sepertinya tidak jera atas tindakan polisi, terbukti dengan masih adanya rutinitas balapan motor liar dalam setiap harinya di sore hari dari sekitar pukul 16.00  hingga 18.00, tepat di depan Stadion Maguwoharjo hingga sekarang.

Rutinitas balapan motor liar tersebut, akhirnya juga dimanfaatkan sebagian masyarakat sekitar untuk mengais rejeki dengan membuka warung atau angkringan. Hal itu bisa terjadi karena balapan motor liar di depan Stadion Maguwoharjo, tepatnya di Jalan Stadion Baru tersebut sudah menjadi tontonan dan hiburan bagi pemuda/i yang gemar dengan balapan motor, setiap harinya.

“Aksi balapan motor liar di depan Stadion Maguwoharjo tergolong susah untuk dihilangkan, karena setiap petugas kepolisian melakukan patroli, para pembalap liar dan penonton akan langsung bubar dan melarikan diri. Usaha penangkapan pun akhirnya kerap kali gagal karena petugas kalah cepat dengan para pembalap liar dan untuk mengurangi resiko kecelakaan petugas dengan pembalap, pengejaranpun dihentikan dan petugas hanya menyita barang bukti yang tertinggal”, ungkap Surahman, Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Depok Timur, Kamis (21/6).

Padahal aksi balap motor liar tersebut, selain menganggu kenyamanan berlalu lintas juga dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan. “Kecelakaan juga sering terjadi saat di arena balapan motor liar, selain dengan sesama pembalap motor liar, kecelakaan juga kerap terjadi dengan masyarakat dan pengguna jalan yang berlalu lalang menggunakan jalan umum ini”, tutur Radinand yang merupakan salah satu penonton yang hampir setiap harinya gemar menonton balapan motor liar, saat ditemui di depan Stadion Maguwoharjo, Rabu, (20/6).

Dengan adanya kegiatan yang melanggar ketertiban lalu lintas serta dapat merugikan dan membahayakan orang lain, tidak segan-segan pihak kepolisian juga akan memberikan tindak pidana berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 tahun 2009. Aparat Kepolisian Sektor Depok Timur juga akan terus menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dengan balapan motor liar di depan Stadion Maguwoharjo. Selain itu juga akan tetap terus menggalakkan patroli dalam setiap harinya, serta akan terus bekerja keras untuk menekan tingkat kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, seringkali balap motor liar yang mengganggu ketertiban lalu lintas dapat berujung pada kecelakaan.

Pihak kepolisian sudah bekerja keras sekuat tenaga untuk perlahan-lahan mengurangi aktivitas balapan motor liar di depan Stadion Maguwoharjo, namun hal ini akan menjadi sia-sia apabila tidak ada kesadaran dari para peserta balapan motor liar dan dukungan dari Pemerintah Daerah D.I Yogyakarta, seperti yang diungkapkan Surahman, selaku Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Depok Timur dalam rekaman wawancara, saat ditemui di ruang kerjanya berikut ini, Kamis (21/6).

https://player.soundcloud.com/player.swf?url=http%3A%2F%2Fapi.soundcloud.com%2Ftracks%2F50490662 Wawancara – Kanit Lantas Depok Timur – YK by Mega Latu

Mega Latu / 090903810

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s