BUS-BUS LUAR KOTA YANG SERING “SEMBRONO”

Edith Jeanet H

0809 03671

Kerap kali saya melihat Bus-Bus yang berhenti tidak pada tempatnya. Bus-Bus yang saya lihat sering melakukan pemberhentian ditempat yang tidak sesuai alias sembrono. Pemerintah kota Yogyakarta sudah memberikan tempat untuk naik dan turunnya penumpang luar kota, tetapi kerap kali tidak dipergunakan sesuai aturan yang berlaku dan sering dilanggar. Ini terjadi karena pemerintah yang kurang tegas terhadap masalah ini.

Daerah Istimewa Yogyakarta misalnya, kerap kali saya melihat Bus-Bus yang sembrono menurunkan penumpang juga menaikan penumpang di pinggir jalanan raya tanpa memikirkan bahaya atau tidak pada penumpang tersebut. Selain itu juga banyak didapat Bus-Bus yang sudah tidak layak di pakai dan di operasika malah tetap berjamur disetiap jalan.

Contohnya saja yang sering saya lihat yaitu di bawah Jembatan Janti, baratnya shelter Trans Jogja arah ke solo. Bus-Bus Kopata dan Bus-Bus ke luar kota sering berhenti dengan sembarangan di pinggiran jalan raya ini. Tidak hanya di jalan ini, tetapi di jalan-jalan raya lainnya juga serupa. Dengan kebiasaan tersebut jadinya penumpangpun ikut serta terlibat dalam pelanggaran tersebut.

 

Tidak hanya di Yogyakarta yang sering buat pelanggaran seperti ini, di kota-kota besar lain misalnya Jakarta yang kita sendiripun tau bagaimana keadaan kota Jakarta dengan segala kericuhan kendaraan bermotor, bermobil,truk dan juga bus-bus. Tidak hanya Bus-Bus saja yang sering melanggar tertibnya lalu lintas tetapi kendaraan-kendaraan lainnya juga sama. Keadaan Bus yang sudah tidak layak dipakai juga masih terlihat banyak yang beroprasi di kota Jakarta.

Diberikan kemudahan tetapi tidak di laksanakan dengan baik dan benar, sebaiknya pemerintah kota Yogyakarta lebih tegas dengan hal tersebut, agar kota Yogyakarta bebas dari Bus yang rusak dan juga yang sembrono. Begitu juga dengan diberikannya penyuluhan yang baik juga kepada sopir-sopir yang mengendarai kendaraan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s