MENELUSUR KIPRAH BUS KOTA

Stephani Arum Sari (090903761)


Pagi itu terminal Jombor tidak terlalu ramai. Seorang pemuda duduk di belakang kemudi bus kota Ia tidak sendiri, seorang kawan yang juga masih muda berdiri di pintu bus. Keduanya menunggu penumpang yang menyewa bus itu. Sopir bus itu bernama Bagus (24) dan rekannya bernama Adi (26). Keduanya berada dalam atap kerja yang sama, mengoperasikan salah satu bus kota yaitu PUSKOPKAR. Dengan mengenakan kaos oblong, keduanya masih menunggu penumpang. Di terminal Jombor, hanya ada satu bus kota yang terparkir.

Pembahasan soal alat transportasi memang tidak akan ada habisnya. Bus kota atau bus regular merupakan salah satu alat transportasi yang dimanfaatkan oleh warga Yogyakarta. Di samping angkot, taksi, becak, dan dokar. Bus masih menjadi alat transportasi pilihan bagi masyarakat Yogyakarta dari satu tempat ke tempat lain. Bus kota terbagi dalam beberapa jenis seperti KOPATA, KOBUTRI, ASPADA, PUSKOPKAR dan DAMRI.

Kesemua jenis bus kota itu memiliki ciri khas masing-masing. Secara kasat mata, bentuk fisik bus ini berbeda-beda. Misalnya untuk ASPADA, warna bus adalah biru. KOBUTRI menggunakan warna kuning sebagai penanada bus. KOPATA memiliki warna merah pada bus. Sedangkan  DAMRI dan PUSKOPKAR warna bus keduanya adalah putih dan biru.

Masing-masing bus memiliki jalur atau trayek yang berbeda-beda. Setiap dua hari sekali, bus-bus itu beroperasi. Contohnya, jalur dua yang rutenya dari terminal Giwangan, Purawisata, bundaran UGM dilayani oleh KOBUTRI dan KOPAJA. Sedangkan jalur empat yang arahnya dari terminal Giwangan, Kota Baru, Tugu Jogja, Gembira Loka dilayani oleh ASPADA, KOPAJA dan PUSKOPKAR. Bus kota tersebut juga beroperasi sesuai dengan hari tertentu. Biasanya, bus kota tersebut mulai bergerilya pada pukul 05.00 – 18.00 WIB. Terminal Giwangan memang menjadi pusat keberangkatan bus kota tersebut. Dalam beberapa menit, bus kota berlalu lalang di sana.

KEMUNCULAN TRANS JOGJA

Kemunculan TRANS JOGJA dalam deretan sarana transportasi warga cukup fenomenal. Apalagi jika dikaitkan dengan eksistensi bus kota sebelumnya. Memang, sebelum Trans Jogja muncul, bus kota menjadi primadona transportasi. Namun setelah muncul Trans Jogja, beragam pendapat mulai terkuak, entah pro maupun kontra.

Bagus dan Adi mengakui, setelah Trans Jogja muncul, pengguna bus kota pun mulai menurun.

“Pendapatan kalau narik bus kota sekarang ya nurun mbak. Apalagi sekarang ada Trans Jogja. Orang-orang lebih milih naik Trans Jogja”, ujar Bagus.

Menurut keduanya, dari segi fisik, fasilitas dan pelayanan, Trans Jogja lebih mumpuni. Namun tidak lantas bus kota mengalami penurunan penumpang yang drastis. Beberapa masyarakat Yogyakarta masih menggunakannya walaupun jarang.

“Biasanya ya yang mau ke pasar sama ke kampus mbak. Bus ini kan ketemunya, pusatnya ada di kampus UGM”, jelas Bagus.

Keduanya mengatakan, fisik bus kota memang sudah menurun. Namun soal jalur, bus kota memang lebih unggul dibandingkan dengan Trans Jogja.

Menurut Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pengelolaan Terminal Giwangan, Imanudin Aziz, hadirnya Trans Jogja bertujuan meremajakan bus kota. Satu bus Trans Jogja yang beroperasi mensubstitusi dua bus regular.

“Sebelum adanya Trans Jogja, bus kota regular itu kan terus menurun. Dari segi fisik bus nya secara kasat mata tidak memenuhi standar kelayakan. Kedua, dari segi pelayanan, dari jam berjalannya, jam operasionalnya itu kan semakin hari semakin tidak jelas. Maka ini kan perlu dilakukan peremajaan, artinya dari sisi fisik busnya, layanannya, sistemnya”, ujar Imanudin Azis.

Imanudin mengatakan, dalam jangka waktu ke depan bus kota akan dihilangkan, walaupun membutuhkan proses yang lama. Saat ini bus kota memang masih bertahan, sekalipun dari segi kuantitas penumpang menurun. Namun keunggulannya, Trans Jogja belum dapat menggantikan trayek bus kota.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s