Trotoar, Milik Siapa?

Image

Kawasan di Jalan Babarsari, Depok, Sleman

Sleman (20/6) – Kaum pejalan kaki adalah orang terlemah saat berada di jalan. Fungsi trotoar adalah untuk memfasilitasi dan memastikan mereka bisa aman dan nyaman walau sedang berjalan di pinggir jalan raya sekalipun.

Namun, fungsi trotoar sendiri semakin dipertanyakan ketika digunakan untuk kepentingan lain. Fenomena yang sering dijumpai adalah berkumpulnya para pedagang yang berjajar di sepanjang trotoar untuk berjualan. Hal ini bisa membahayakan kaum pejalan kaki, karena tidak ada ruang bagi mereka untuk berjalan. Bisa saja, mereka terserempet oleh kendaraan saat berjalan di pinggir jalan ketika trotoar digunakan untuk berdagang.

Salah satu ruas jalan yang dipadati oleh pedagang kaki lima adalah jalan Laskda Adi Sutjipto, depan Mirota Kampus Babarsari, Sleman, Yogyakarta. Sebagai kawasan yang padat, trotoar tertutupi oleh beberapa mobil yang parkir, belum lagi para pedagang yang berjualan di trotoar.

Namun, dilema mengenai bagaimana nasib pedagang jika tidak berjualan. Sukino (40), penjual otak-otak di trotoar depan Mirota Kampus Babarsari mengatakan bahwa ia tahu tidak boleh berjualan di trotoar. Ntetapi, jika tidak berjualan, anak dan istrinya di rumah mau makan apa. Sukino mengakui sering kali dia berjualan di Pasa Beringharjo lalu diusir oleh petugas Kamtib. Tidak ada yang bisa ia lakukan, hanya lari menghindar dan mengamankan dagangannya.

Image

Sukino (40), Pedagang Otak-otak

Berbeda lagi dengan Tia (21) mahasiswi UAJY, sebagai pejalan kaki ia merasa tertanggu oleh adanya pedagang yang berjualan di trotoar. Terlebih lagi jiak sedang ada transaksi jual beli disana. Ia harus menunggu hingga transaksi itu selesai baru bisa berjalan.

Sebagai salah satu fasilitas umum, Tia berpendapat sudah saatnya trotoar dikembalikan ke fungsi semula yakni untuk pejalan kaki. “Pemerintah juga harus memberi lokasi bagi pedagang kaki lima seperti yang terdapat di kawasan Mrican”, ungkapnya.
Veronika Yasinta/090903799

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s