Wisata Cerdas ke Museum

Kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar mempunyai banyak obyek wisata sejarah maupun pendidikan yang dapat menjadi alternatif mengisi liburan di Jogja. Salah satu cara untuk mengetahui sejarah dan budaya di Yogyakarta adalah dengan mengunjungi museum. Yogyakarta mempunyai  banyak museum yang dapat dikelompokkan menjadi Museum Benda Budaya dan Kesenian, Museum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, dan Museum Sejarah dan Perjuangan. Berikut ini, saya akan membagikan beberapa informasi museum di Yogyakarta :

Sumber : Katalog Museum Yogyakarta, Asosiasi Museum Badan Musyawarah Musea (Barahmus DIY)

  1. Museum Kareta Kraton Yogyakarta

Peta Musem Kareta Kraton

Kraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata budaya favorit wisatawan. Namun jika sudah sampai Kraton, jangan lupa untuk mampir ke Museum Kareta Kraton Yogyakarta. Museum kareta kencana ini, menyimpan kareta-kareta kencana dari zaman Sultan Hamengku Buwono I sampai Sultan Hamengku Buwono IX yang masih terawat sampai sekarang. Memasuki area museum Anda akan melihat kareta kencana bernama Kyai Jongwiyat, salah satu kareta  yang dipakai untuk kirab pernikahan putri Sultan yaitu Jeng Reni. Puluhan kareta disimpan dan dirawat baik-baik di tempat ini oleh para abdi dalem Kraton. Salah satu kareta yang tertua adalah kareta milik Sultan Hamengkubuwono I yang bernama Kanjeng Nyai Jimat, kareta ini sudah berumur kira-kira 300 tahun.

Ada juga kareta yang khusus dipakai untuk penobatan Sultan, kareta tersebut lebih besar daripada yang lain dan diberi nama Kyai Garuda Yeksa. Di atas kareta tersebut terdapat mahkota yang terbuat dari emas. Kareta tersebut dibuat di Belanda. Ada juga kareta yang berfungsi sebagai ambulans atau untuk mengangkat raja yang sudah wafat ke pemakaman raja-raja Imogiri Bantul, kareta berwarna putih ini bernama Kyai Rata Pralaya.

Museum ini terletak di jalan Rotowijayan sebelah barat Kraton Yogyakarta, tarif masuk museum ini juga sangat murah yaitu Rp 3000,00, untuk ijin memotret maka akan dikenai tarif tambahan seribu rupiah.

2. Museum Biologi

Museum milik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, memamerkan ribuan koleksi hewan, tumbuhan, dan fosil yang dikelompokkan dalam herbarium basah, herbarium kering, awetan hewan basah, awetan hewan kering. Selain itu terdapat juga koleksi kerangka hewan, bahkan manusia.

Museum ini terbagi menjadi beberapa ruangan. Masuk ke ruang fishes, Anda akan disuguhi barisan toples kaca yang di dalamnya terdapat beragam spesies ikan yang diawetkan dengan air keras. Mulai dari ikan air tawar, sampai ikan air laut dengan bentuk dan rupa yang jarang dilihat pun ada di museum ini.

Menginjakkan kaki di ruang kerangka, Anda akan menemui beraneka kerangka dengan susunan yang utuh di dalam kotak kaca berukuran besar. Lihat saja kerangka badak Jawa yang panjangnya hampir mencapai tiga meter dengan tinggi kurang lebih 1,5 meter, menjadi kerangka paling besar di ruangan tersebut. Kerangka lain seperti kuda, kambing, orang utan, dan manusia juga tersusun rapi dalam kotak kaca, di beberapa bagian terlihat kawat-kawat kecil untuk mengaitkan bagian-bagian dari kerangka tersebut.

Di ruang aves, terdapat bermacam-macam awetan burung seperti kakak tua, burung bangau, kasuari, burung dara mahkota, merak hijau, burung hantu, elang, gagak, dan lainnya. Awetan burung tersebut dimasukkan dalam kotak kaca, dan dilengkapi dengan ranting pohon dan daun layaknya saat hidup di alam bebas.

Awetan hewan seperti, kura-kura, ular, buaya, penyu, dan bulus terdapat di ruang reptile. Jenis-jenis ular yang kecil dimasukkan ke dalam tabung kaca bulat yang diisi dengan air keras dan disinari lampu. Selain itu terdapat kura-kura dan penyu berukuran besar yang digantung di dinding, ada pula yang dimasukkan ke dalam rak kaca.

Bagaimana? Menarik kan museum ini? Anda dapat berkunjung ke sini bersama anak-anak agar mereka dapat belajar secara langsung keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia. Lokasi museum ini juga mudah dijangkau yaitu di Jalan Sultan Agung No.22 Yogyakarta. Jam buka museum ini mulai hari Selasa-Kamis pukul 07.30-14.30, Jumat pukul 08.00-11.00, Sabtu pukul 08.00-12.30, dan Minggu pukul 08.00-12.00.

3. Museum Sonobudoyo

Museum ini menyimpan banyak sekali benda bersejarah seperti artefak, gerabah, arca, keris, wayang, benda pra sejarah dan masih banyak lagi. Museum ini sangat luas dan terbagi menjadi beberapa ruangan diantaranya ruang pra sejarah tempat untuk menyimpan benda-benda pra sejarah. Kemudian ada juga ruang topeng, wayang kulit, wayang golek, batik, keris dan sebagainya.

Di sebelah museum ada juga gedung untuk menampilkan pagelaran wayang kulit. Pagelaran wayang kulit tersebut diadakan setiap Senin sampai Jumat pukul 20.00. Di sekitar museum juga terdapat rumah pembuatan wayang kulit asli dari kulit kerbau. Harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung ukuran dan kualitasnya.

Museum ini berada di jalan Trikora No.6 Yogyakarta. Jam buka Selasa-Kamis, pukul 08.00-15.30 WIB, Jumat pukul 08.00-14.00, Sabtu dan Minggu pukul 08.00-15.30, sedangkan Senin dan Hari Libur Nasional tutup.

4. Museum Gunung Merapi

Yogyakarta mempunyai gunung berapi teraktif di Indonesia, apalagi kalau bukan Gunung Merapi. Gunung yang terletak di utara Kota Yogyakarta ini menyimpan pesona yang indah. Namun, jika sudah mulai erupsi maka bisa menjadi bencana yang hebat. Erupsi tahun 2006 dan 2010 merenggut korban jiwa dan material. Di Museum Gunung Merapi ini, dikumpulkan berbagai macam artefak dari sisa-sisa letusan, seperti motor yang sudah dilalap awan panas, peralatan dapur yang tertimbun abu, dan lainnya. Museum ini juga menampilkan foto-foto dan peta timbul gunung-gunung berapi di Indonesia. Museum yang terletak di Jalan Kaliurang Km 22, Hargobinangun, Pakem Sleman ini, mulai buka dari hari Selasa-Minggu pukul 09.00-15.30.

Oleh : Veronika Sekar Hayu W (090903804)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s