MENGENAL LEBIH DEKAT KANTORPOS

Denita br Matondang (03938)

Kemajuan teknologi, ekonomi, sosial dan budaya di Indonesia mempengaruhi intentisitas masyarakat dalam menggunakan jasa kantorpos di Indonesia. Apa yang bisa ditawarakan kantorpos saat ini? Mampukah kantor-kantorpos yang ada di Indonesia tetap melayani publik dan mengeksistesikan diri ditengah semakin majunya perabadan kehidupan masyarakat saat ini?

Kantorpos Pusat Yogyakarta

Jam menunjukkan pukul 11.00 WIB ketika tim atmajaya news mengunjungi kantorpos pusat Yogyakarta yang berlokasi di pusat kota dan tepat pada sumbu Jalan Pangeran Mangkubumi- Maliooro, kemarin. Disambut oleh sapaan ramah dari seorang satpam ketika memasuki ruangan dengan gaya arsitektur indies tim Atmajaya News menyusuri bangunan berlantai dua yang dibangun tahun 1920-an ditemani Ria Puspitasari, Staf Bagian Pemasaran Kantor Pos Pusat Yogyakarta. Ia kemudian menceritakan secara singkat  sejarah PT POS Indonesia. Ia mengatakan bahwa kantorpos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron Van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar jawa dan bagi mereka yang datang-pergi ke Negeri Belanda. Sejak saat itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada Publik.

Sambil melanjutkan wawacara di dalam bussines room kemudian ia menyodorkan kertas putih berisi sejarah singkat terkait perubahan Status pos Indonesia (persero). Berdasarkan keterangan yang diperoleh bahwa Pos Indonesia sudah mengalami 5 kali perubahan status diantaranya PTT (Post, Telegraph, dan Telephone), PN POSTEL (Perusahaan Negara Pos dan Giro), PN Pos dan Giro (PN Pos Giro), Perum Pos dan Giro, dan sekarang PT Pos Indonesia (persero).

Suasana kantorpos Pusat Yogyakarta

Semakin berkembang dan majunya teknologi, Kantorpos kian mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan infrastruktur jejaring yang dimilikinya dengan mencapai sekitar 24 ribu titik layanan dan menjangkau 100 persen kota/kabupaten, Hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Selain itu, Kantorpos memiliki 3.700 Kantorpos online serta dilengkapi electronik mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid dan terintegrasi. Sisitem kope pos juga diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap daerah di Indonesia mampu diindentifikasi.

Namun bagaimana dengan Keberadaan Kantorpos di Yogyakarta? Saat ini, sebagaimana dikatakan Ria bahwa  terdapat 23 record kantorpos yang terdapat di Yogyakarta dan terdapat tujuh situs website resmi kantorpos Yogyakarta. Selain itu, ada beberapa agen swasta yang menyediakan pelayanan yang sama dengan kantorpos Indonedia seperti JNF dan Kantorpos Bulaksumur milik Gamamulti. Kantorpos waralaba demikian sebutannya. Kantorpos Waralaba ini mulai menjamur di Yogyakarta sekitar tahun 2008 dimana sebelumnya kantorpos tersebut merupakan cabang kantorpos Yogyakarta, namun terjadi merger antara pihak swasta dan pihak negara, hingga akhirnya cabang Kantorpos pun berubah status menjadi Kantorpos Waralaba

Tidak hanya kantorpos cabang, Perguruan Tinggi Poltekpos Bandung yang dulunya dikelola penuh oleh pihak Kantorpos Indonesia  sekarang juga telah dicampur-tangani pihak swasta. Selain itu jurusan yang ditawarakan juga lebih beragam tidak hanya jurusan terkait pelayanan jasa publik. Ria mengatakan bahwa 20 orang lulusan terbaik Poltekpos akan direkrut menjadi karyawan tetap PT Pos Indonesia.

“kantorpos Pusat tetap eksis ya” katanya sambil tersenyum terkait eksistensi Kantorpos Pusat Yogyakarta. hal tersebut karena kantorpos tidak hanya  bergerak dibidang proses pengiriman surat saja. kantorpos juga bekerjasa sama dengan beberapa lembaga lain. salah satu contohnya bekerja sama dengan Pesawat Garuda. Dalam hal ini Kantorpos akan mendistribusikan majalah kabarpos ke seluruh mitra kerja. Sambil menunjukkan tiga macam majalah terbitan Kantorpos ke tim  atmajayanews diantaranya  info pos, Kabarpos dan Merpati pos. Namun majalah infopos dan kabarpos didistribusikan untuk internal seluruh kantorpos di Indonesia. “Malah akibat maraknya media online shop jumlah peningkatan barang semakin tinggi” aku Ria .  Tergantung pelanggan juga ya, kalau mau mengirim barang. Tapi sejauh ini sih pelanggan saya kebanyakan menggunakan jasa Kantorpos. Kecuali kalau mereka minta barang diminta dikirim lebih cepat. Lagian ya harga pengiriman melalui kantorpos kan lebih murah, kata Angel salah satu distributor online shop di Yogyakarta.

Selain itu, Kantorpos biasanya mengadakan program Bakti sosial, seperti memberi bantuan kepada korban yang mengalami amukan Letusan Gunung Merapi di Yogyakarta.  Kantorpos pusat juga  bekerja sama dengan Perumri untuk mengadakan pameran perangko. “Pameran biasanya dilakukan di Kantorpos Pusat dan di mall-mall yang ada di Yogyakarta” katanya menutup kunjungan kali itu.

Kantorpos Pusat Yogyakarta dalam Peta

2 thoughts on “MENGENAL LEBIH DEKAT KANTORPOS

  1. selamat pagi
    saya Dita.
    membaca artikel di atas cukup menarik ya..
    kalau saya mau minta data lebih terperinci lagi terkait kantor pos
    (kertas putih yang berisi sejarah kantor pos) atau info lain bisa tidak?
    saya sampai sekarang minta data ke kantor belum bisa karena terkendala alasan internal dari pihak kantor pos.
    nanti data tersebut akan saya cantumkan dalam referensi tulisan saya.

    terimakasih
    semoga bisa bekerjasama🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s