Desa Wisata Tradisional di Pelosok Yogyakarta

Stefani Larisa Tri Arinta – 100904007

 

 

 

Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata di Indonesia. Banyak area-area wisata yang layak dikunjungi mulai dari utara hingga selatan. Di daerah Bantul misalnya, terkenal dengan banyaknya pantai yang menjadi primadona kota Yogyakarta. Tak hanya pantai, ada juga Kasongan yang menjadi pusat kerajinan gerabah di daerah selatan Yogyakarta ini.

Namun, jalan-jalan ke daerah Bantul, belum lengkap rasanya jika belum mendatangi Desa Wisata Tembi. Area wisata yang tengah mengembangkan dirinya ini merupakan salah satu kawasan wisata yang baru di Yogyakarta. Letaknya ada di Jalan Parangtritis KM. 8,4, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Tak susah mencari area wisata ini karena akan ada palang penunjuk jalannya.

Namanya saja desa wisata, berarti banyak terdapat berbagai macam tempat untuk kita berwisata. Tembi juga merupakan desa kerajinan dan rumah budaya. Selain itu, kawasan ini juga memiliki beberapa hotel,homestay, maupun cottage. Suasananya yang sejuk dan keramahtamahan penduduk di sana membuat wisatawan yang berjalan-jalan menyusuri desa ini merasa nyaman.

Salah satu penginapan yang ada di Desa Wisata Tembi yaitu Omah Tembi. Lokasinya kurang lebih 300 meter dari gapura pintu masuknya. Kawasan ini semakin asri karena jalanannya yang belum diaspal dan banyak pohon di sekelilingnya. Dawud Subroto, pengelola  Omah Tembi cottage and homestay, menuturkan bahwa di sini juga sering diadakan outbond ataupun acara pertemuan.

Hal ini bisa dilihat dari adanya sebuah ruangan terbuka dan dipenuhi beberapa kursi yang diatur secara melingkar. Di sebelahnya, ada ruangan terbuka juga yang diisi dengan beberapa kursi dan meja bulat. Bentuk penginapan ini juga tidak seperti bangunan gedung, melainkan pondok-pondok. Harganya juga bervariasi, tergantung model kamarnya.

Desa Wisata Tembi juga mempunyai beberapa tempat kuliner, seperti angkringan yang menjual nasi kucing, sampai makanan yang tergolong mahal. Selain itu di kawasan ini juga terdapat kerajinan kulit, kerajinan keramik, dan kerajinan batik lukis. Bahkan setiap minggunya, Tembi juga memiliki acara musik yang rutin diadakan setiap malam minggu. Acara ini baru akan dimulai pertama kali pada bulan Juni 2013 ini.

Desa Wisata Tembi merupakan kawasan wisata yang tergolong baru di Yogyakarta, tapi memiliki potensi yang sama dengan wisata lainnya. Belum banyak masyarakat, termasuk masyarakat di Yogyakarta, yang belum mengetahui daerah wisata ini. Padahal jika kawasan ini dijalankan dengan serius oleh pemerintah daerah setempat, pasti akan semakin banyak mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Denah Desa Wisata Tembi

13711005391185041195

13711244431440107456

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s