Kesejukan Tambakboyo di Tengah Penatnya Jogja

Jogja, sebuah kota wisata sekaligus kota pelajar yang saat ini cukup padat dengan penduduknya. Kepenatan ditengah kota yang terkenal dengan gudeg, sebagai makanan khasnya ini, semakin hari semakin terasa. Tidak sedikit orang yang mulai “melarikan diri” dari kota ini untuk sejenak mencari suasana berbeda dan tentunya lebih sejuk.Embung Tambakboyo

Bila biasanya kebanyakan orang hanya tahu daerah tertentu saja sebagai tempat yang recomended untuk lari dari keramaian Jogja, seperti Kaliurang, Parangtritis, atau Jejeran pantai sepanjang daerah Wonosari. Kali ini ada tempat yang cukup menarik untuk dijadikan tempat refreshing. Embung Tambakboyo adalah jawabannya.

Berlokasi di kawasan Condong Catur, Kabupaten Sleman, yang tidak jauh dari pusat kota Jogja, bendungan kecil ini cukup menarik banyak pengunjung. Karena banyak pengunjung, warga sekitar memanfaatkan tempat ini untuk sekedar meraup rupiah sebagai jasa parkir dan menjual jajanan.

Tiap harinya, tempat ini cukup ramai dengan pengunjung. Sekedar jogging, jalan-jalan, kongko-kongko dengan kerabat, bersepeda, serta memancing adalah aktivitas yang sering berlangsung ditempat ini. Keadaan alam yang dipenuhi hutan-hutan kecil atau pepohonan hijau lainnya yang mengitari embung ini semakin menambah suasana alam dan kesejukannya.

orang memancing

Mutia, salah satu pengunjung di sana mengaku bahwa sudah selam tiga hari dalam waktu seminggu, ia mengunjungi tempat tersebut. Ia dan temannya datang hanya untuk berolahraga sembari menikmati sore hari di embung.

Bunyi gemericik air, nyanyian burung yang terbang kesana kemari diudara, serta aroma alam di pagi hari dari hutan kecil yang mengitari embung, dapat anda nikmati dengan cuma-cuma bila berkunjung di pagi hari. Bila sore hari menjelang, sinar mentari yang perlahan mulai menghilang dibalik awan putih menuju peraduannya di ufuk barat,  diikuti kicauan slamat malam dari makhluk kecil bersayap diawan sana yang beramai-ramai kembali ke sarangnya, membawa sensasi tersendiri bagi mereka yang berkunjung ke tempat ini.

Aneka jajanan dan minuman warung-warung kecil yang ada di tempat ini, seperti angkringan, akan menawar rasa dahaga dan rasa lapar anda.

Bagi anda yang membawa kendaraan, hanya dengan menyediakan beberapa rupiah untuk jasa parkir , anda dapat menikmati suasana berbeda di Embung Tambakboyo ini untuk sekedar menghilang dari penatnya Jogja.

Nama: Irene Ata Yewa

NPM : 100904068

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s