Pasar Triwindu: Antik dan Berarti

Barang antik merupakan barang yang cukup sulit untuk kita temui sekarang ini. Keberadaan pasar yang memnjual barang-barang antik juga sangat jarang ditemui di Indonesia. Dari berbagai tempat yang ada di Indonesia hanya terdapat beberapa daerah saja yang terdapat pasar yang menjual barang-barang antik.

Di pulau Jawa sendiri pasar barang antik jarang ditemui, namun pasar barang antic ini terdapat di salah satu daerah di Pulau Jawa yaitu Solo. Pasar barang antic yang dikenal dengan Pasar Triwindu merupakan salah satu pasar yang menjual berbagai barang antik.

Pasar ini memiliki konsep bangunan yang dipenuhi dengan atap kayu. Dengan dominasi warna coklat dan wayang yang menjadi fokus mata ketika pertama kali berkunjung ke pasar ini. Pasar ini melayani pembeli pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Topeng Unik di Pasar Triwindu

Pasar yang terletak di JL. Pangeran Diponegoro Solo Kota ini memiliki berbagai macam barang-barang antic yang ditawarkan untuk para penggemar barang antik. Barang yang dapat kita temui di Pasar Triwindu seperti alat-alat daput yang digunakan pada zaman dahulu misalnya teko serta gelas-gelas yang biasa kita temui di film-film tahun 1980an.

Tidak hanya perlengkapan dapur dan alat memasak saja, Pasar Triwindu juga memiliki ragam barang antic lain seperti lampu serta interior dalam ruangan. Lampu-lampu yang tersedia di Pasar Trwindu kebanyakan lampu model barat yang penuh dengan kaca. Lampu yang biasa diletakkan di ruang tamu dengan menampilkan kemewahannya. Selain lampu terdapat juga wayang, patung, topeng, serta alat eletroknik zaman dahulu seperti radio.

            Barang-Barang di Pasar Triwindu

Barang-barang tersebut dipajang didepan masing-masing toko sesuai dengan selera penjual. Barang yang terdapat dari satu toko ke toko lain cenderung sama, namun yang membedakan adalah jenis barang sesuai dengan selera para penjual itu sendiri. Di setiap sudut pasar yang kita temui hanyalah barang-barang lawas, sesuai dengan ketenaran Pasar Triwindu itu sendiri.

Pasar Triwindu telah menjadi tempat yang sangat berarti bagi Bapak Agus salah satu penjual di pasar ini. Bapak Agus memulai karirnya dengan berjualan di Pasar Triwindu sejak kecil, ia melanjutkan usaha orang tuanya yang berjualan di pasar antik ini.

“Saya berjualan disini sudah lama, dari zaman saya kecil saya sudah disini. Ya saya meneruskan usaha kedua orang tua saya”, tegasnya.

Barang-barang yang terdapat di toko Pak Agus sendiri berupa lampu, patung, meja dan sebagainya. Harga yang ia berikan untuk barang-barang tersebut berkisar dari Rp 50.000,00 hingga ratusan ribu rupiah. Berbekal pengetahuan dari kedua orang tuanya ia tidak kesulitan dalam memperoleh barang-barang tersebut. “Biasanya kalau barang ada yang kita produksi sendiri, ada juga yang kita beli dari rumah ke rumah, ya berkeliling mencari sendiri barang-barangnya”, ujarnya.

Selain wisatawan local terdapat juga wistawan mancanegara yang berkunjung ke pasar ini. Agus mengaku untuk barang yang sering dicari wisatawan tidak menentu akrena sesuai dengan selera pembeli masing-masing. Sebagian besar wisatawan asing membeli souvenir berupa topeng yang mudah untuk dibawa. Namun untuk wisatawan local sendiri kebanyakan membeli lampu serta meja. Lampu yang terdapat di toko Bapak Agus merupakan lampu hasil reproduksi sendiri namun masih juga terdapat lampu-lampu antik. Walaupun produksi sendiri, Bapak Agus telah mendapat kepercayaan dari para pembelinya, sehingga ia sering menerima orderan dengan partai besar.

Salah satu etalase di dalam pasar

Pasar Triwindu menjadi tempat yang sangat berarti bagi Bapak Agus serta penjual lain yang mengais rezeki untuk menghidupi keluarga. Selain itu pasar ini juga menjadi tempat yang langka dimana hanya ada satu jenis barang yang dipasarkan. Dengan lokasi yang mudah dijangkau maka pasar ini dapat mewujudkan hasrat dari para penggemar barang antik untuk memiliki serta menambah koleksi pribadinya.

Maria Goretti Kartika Putri Legi

100904199

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s