“One Stop Shopping” Coffe Shop

Elisabeth Ratna Christanti Patria (110904307)

 

Cigarettes and coffee: an alcoholic’s best friend! Quote  yang dilontarkan Gerard Wayini menggambarkan sosok Antonius de Paddua Dendron Deltarosi, pemilik coffee shop Kopi Item yang berada di Komplek Ruko BBC Plaza No.5 Jl. Babarsari Raya Yogyakarta. Kopi Item mulai berdiri pada bulan Oktober tahun 2009. Pada awalnya Kopi Item masih berbentuk warung kopi, menggunakan alat tradisional ceret. Satu tahun berlalu, Kopi Item mulai merombak konsep menjadi coffee shop seperti saat ini.

Dimulai dari ide sederhana Don untuk memutar uang dan kecintaannya terhadap kopi yang membuat Kopi Item lahir dan sukses seperti sekarang. Tidak ada alasan khusus mengapa Kopi Item buka di kawasan babarsari. Don hanya menempatkan usahanya dimana tersedia tempat. Namun memang rejeki tidak pernah lari, jika memang sudah jatahnya, maka sekecil apapun usaha tersebut dirintis toh akan sukses juga.

Sebelum memulai karirnya di Kopi Item, Don yang memang pecinta kopi sejak dulu hanya bisa nongkrong di coffee shop lain. Sosok yang terlihat sangat cuek ini kerap berpindah-pindah tempat nongkrong, namun tetap setia pada kopi. Coffee Shop yang kini ia miliki bernama Kopi item. Kenapa? Don menjelaskan dengan sangat singkat, “Ya, supaya mudah diingat saja. Simpel, kopi pasti hitam,” ujarnya sambil tertawa. Pelanggan kebanyakan berprofesi sebagai fotografer atau seorang penulis. Ada beberapa foto yang ia pajang di coffee shopnya adalah hasil jepretan dari pelanggannya. Pernah beberapa kali ia menapilkan pameran di coffee shop tercinta miliknya.

Kopi Item bagi saya sebagai pelanggan memang berbeda. Kopi Item tidak hanya menawarkan kopi dengan racikan yang luar biasa namun suda tersedia makanan berat yang cukup terjangkau bagi mahasiswa. Kebanyakan coffee shop hanya menekankan pada kopinya saja dan tidak memikirkan aspek lain, seperti makanan. Bukan hanya makanan pelengkap minum kopi, tapi makanan berat berbau karbohidrat.

Konsep Kopi Item yang one stop shopping juga yang menurut saya lebih menguntungkan. Saya pribadi sebagai pelanggan pun merasa otomatis, karena tidak perlu pergi ke tempat lain untuk mencari makanan berat. Don tidak tertutup dengan pelanggan, yang ia harapkan memang semua bisa datang ke tempatnya, keluarga, orang tua, anak muda, karyawan, pelajar, semua kalangan. Kopi andalannya adalah kopi-kopi yang berasal dari Nusantara, sangat beragam yang ada di Kopi Item ini.

Sisi lain hampir sama dengan coffee shop lainnya yang menjual biji kopi, baik yangsudah atau yang belum digiling, alat pembuat kopi, dan lain sebagainya. Don sendiri tentu seorang barista beradasarkan pengalaman. Ia mahir membuatdan meracik kopi hanya bermodal kemauan untuk bisa, dengan kata lain Don belajar otodidak menggunakan mesin kopi. Sekian tahun bergelut di dunia kopi, Don punya racikan kopinya sendiri. sengaja tidak ia tampilkan di menu, khusus untuk pelanggan yang ingin atau memerlukan nasihat bagaimana membuka usaha dibidang kopi.

Bagi Don, kopi memiliki makna srawung yang artinya kebersamaan. Obrolan yang asik bermula dari secangkir kopi hangat, pergerakan perubahan pun bermula dari kebersamaan minum kopi. Yang tidak kalah menarik tentang kopi adalah Latte Art. Sama seperti ketika Don belajar meracik kopi, keahlian Latter Art pun ia dapatkan dari belajar sendiri, membaca blog atau melihat video. Kita bisa dengan mudah menjalankan sesuatu yang kita suka, apalagi ditambah dengan ketekunan, saya rasa itu berbuah baik, paling tidak bagi Don, yang terbukti saat ini usahanya sukses.

Don tidak hanya menjual kopi, biji kopi, minuman dengan lukisan di dalamnya, namun fasilitas lain juga ia pikirkan untuk kenyamanan pelanggan. Di tempat yang sekarang ini berdiri saja cukup membuat saya nyaman berbincang lama dengan teman atau mengerjakan tugas kampus. Bagi Anda pecinta kopi, mungkin bisa mendapatkan ilham lain di tempat ini, tidak ada salahnya dicoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s