Inline Skate Semarang

Anastasia Nancy I S (110904452)

Inline Skate Semarang

Panas terik matahari di Kota Semarang tidak menjadi penghalang untuk tetap membuat video dokumentasi komunitas Inline Skate Semarang. Inline Skate Semarang (ISS) merupakan salah satu komunitas sepatu roda (inline) terbesar sekaligus tertua di Semarang. Inline Skate Semarang dibentuk oleh Hends, Rizky, dan Bayu pada tanggal 3 Mei 2011. Berawal dari iseng-iseng dan hobby yang sama, ISS pada saat ini sudah menjadi komunitas besar.

“pada awalnya keisengan, hobby semata. Kemudian menjadi komunitas kecil dengan sepuluh anggota dan sekarang anggotanya kurang lebih lima puluhan.” Ujar Rizky salah satu pendiri Inline Skate Semarang.

Kejuaraan dan prestasi yang diperoleh komunitas ini sudah tidak diragukan lagi. Beberapa anggotanya memperoleh juara 1, 2, dan 3 dari event kejuaraan tingkat nasional. Event-event yang pernah di ikuti antara lain Event Saparua Festival yang  diadakan pada tanggal 18 Desember 2011 di GOR Saparua Bandung, ISS berhasil mendapatkan nama untuk kategori Speed Slalom Senior Male dengan menyabet Juara 1 Khoirul Azmi dan Juara 3 Noval Maulana (Opank).

Event Roller Manumit Series 2012 yang diadakan pada tanggal 14 – 15 April 2012 di Miko Mall, Bandung. ISS kembali mendapatkan juara 1 untuk kategori Speed Slalom Junior Male oleh Fadhil Muhammad, Juara 1 untuk kategori Slide Slalom Junior Male oleh Ray Harist dan Juara 2 untuk kategori Classic Slalom Junior Male oleh Nugroho Wicaksono (Nugie).

Event Rookie Championship 2013 di Jakarta, Event Semarang Open 2013 di Semarang, Event Cone Day I & II di Semarang dan terakhir Event Semarang Open 2014 di Semarang pada event ini ISS memperoleh juara umum.

Tidak hanya melalui berbagai event yang diikuti, dengan mengundang top skater tingkat dunia asal korea Kim Sung Jin (KSJ). Menjadikan komunitas ini sudah dikenal tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga beberapa Negara di  Asia.

“oh iya, di event semarang open 2013 itu kami mengundang best skater dari  Korea.” Ungkap Rizky.

Cabang inline skate yang ada dalam Inline Skate Semarang yaitu slalom freestyle. Inline skate sendiri memiliki tiga cabang yaitu slalom, speed, dan aggressive. Cabang slalom dinilai fleksibel dan memiliki trik-trik yang lebih bervariatif serta memiliki tingkat resiko yang lebih kecil. Oleh karena itu ISS lebih memilih slalom dibandingkan dua cabang inline lainnya.

“cabang slalom itu lebih fleksibel, kemudian trik-triknya variatif, tingkat resikonya juga lebih kecil dibandingkan speed dan aggressive.” Ungkap Rizky.

Inline Skate Semarang memiliki jadwal tetap untuk latihan para anggotanya yaitu senin, rabu, jumat dan sabtu. Hari Senin dan Jum’at ISS berlatih di Lt.7 Parking Area Mall Ciputra Semarang, untuk hari Rabu ISS berlatih di Area Parkir Depan Astra Motor Gajah Mada, dan untuk hari Sabtu ISS biasanya latihan sekaligus show off di area trotoar jalan pahlawan semarang.

Keanggotaan ISS pada saat sekarang sudah memiliki jumlah anggota yang cukup banyak. Komunitas ini tidak membatasi bagi siapa saja yang antusias dan ingin menekuni inline skate untuk ikut bergabung. Akan tetapi, bukan berarti Inline Skate Semarang tidak memiliki tata cara penerimaan anggota baru. ISS memiliki form pendaftaran anggota baru yang nantinya diberikan kepada mereka yang ingin bergabung menjadi anggota ISS.

“ISS hanya memberikan penawaran kepada mereka yang antusias dan yang ingin menekuni inline skate itu sendiri.” Ungkap Rizky selaku salah satu pendiri Inline Skate Semarang.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s