Isi Waktu Luang Tanpa Banyak Biaya

Amalia Syarafina (110904327)

Mengisi waktu luang untuk lepas dari rutinitas sehari-hari biasa dilakukan orang dengan berbagai cara. Ada yang menghabiskan waktu dengan pergi berkunjung ke tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, atau menikmati hiburan di rumah saja. Namun saat ini ada kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu luang.

Tak ada yang pernah menduga, melihat pesawat mendarat ataupun take off bisa menjadi hiburan tersendiri. Mengambil jalan ke arah timur dari Bandara Adisutjipto, Anda akan menemui pemandangan yang menarik. Setiap sore, di area timur dan belakang bandara, penduduk di sekitar bandara memanfaatkannya untuk mengisi waktu luang. Di bagian sebelah timur bandara, Anda dapat melihat pesawat-pesawat komersil yang sedang diparkir, baru mendarat, maupun bersiap take off melalui pagar pembatas. Di sepanjang jalan yang terbilang mulus ini sering terdapat pasangan muda-mudi atau keluarga dengan anak-anaknya yang masih kecil menyaksikan pemandangan tersebut.

Mengambil jalan terus ke timur, tepat sebelum menuju Akademi Angkatan Udara (AAU), Anda dapat melihat lebih leluasa pesawat-pesawat yang baru tiba ataupun mengudara. Pagar pembatas antara landasan udara dengan jalan umum tidak setinggi pagar di lokasi sebelumnya. Selain pesawat komersil, pesawat-pesawat latihan milik TNI AU juga sering melintas. Namun Anda perlu berhati-hati karena area tersebut tergolong daerah berbahaya. Bukan tidak mungkin Anda bisa saja tersambar pesawat yang sedang melintas. Walaupun berbahaya, masih saja ada orang-orang yang memanfaatkan pemandangan pesawat mendarat atau lepas landas sebagai latar berfoto ria. Tak bisa dipungkiri, pemandangan seperti itu tidak mudah didapatkan, sehingga orang-orang tetap datang ke lokasi tersebut untuk menyaksikan secara langsung momen proses lepas landas dan mendarat pesawat-pesawat di Bandara Adisutjipto.

Pengunjung yang datang ke kawasan ini, pada umumnya merupakan warga sekitar yang tinggal di desa tepat di belakang bandara. Namun, ada juga pengunjung yang bukan merupakan warga sekitar dan sengaja datang untuk menikmati suasana dan pemandangan di kawasan ini. Pengunjung yang bukan warga sekitar, biasanya memanfaatkan kawasan tersebut sebagai lokasi hunting foto bersama kerabat mereka. Ramai atau tidaknya kawasan ini setiap sore terbilang relatif. Terkadang ada momen-momen tertentu di mana kawasan ini ramai pengunjung, sehingga di sepanjang jalan yang mengarah ke AAU berjejer para pengunjung yang berfoto ria atau sekedar duduk-duduk di trotoar menikmati pemandangan. Tetapi bisa saja ada waktu di mana hanya segelintir pengunjung yang datang.

Seringnya setiap sore kawasan di timur dan belakang bandara ini didatangi pengunjung yang ingim melihat langsung pesawat lepas landas dan mendarat, dimanfaatkan para pedagang mengeruk rezeki. Setiap hari, sejumlah pedagang berjejer menjajakan dagangannya kepada para pengunjung yang sebagian besar remaja dan keluarga dengan anak-anak kecil. Pedagang-pedagang yang berjualan di sana antara lain pedagang mainan, bakso bakar, es krim, es cincau, dan pedagang balon. Tidak hanya para pedagang yang memanfaatkan waktu tersebut mengais rupiah. Kadang-kadang bisa dijumpai juga sejumlah orang yang sedang jogging atau bersepeda di sepanjang jalan menuju AAU tersebut. Kondisi jalan yang mulus dan nyaman memang ‘menggoda’ untuk para penggemar jogging atau olahraga sepeda. Ditambah pemandangan berupa landasan pesawat lengkap dengan armada pesawat yang silih berganti lepas landas dan mendarat, serta pemadangan area persawahan, menambah keseruan saat jogging atau bersepeda. Sayangnya, saat penulis meliput ke sana, sedang tidak ada aktivitas jogging yang biasa dilakukan.

Untuk Anda yang tertarik menghabiskan waktu luang dengan hiburan alternatif, bisa mencoba datang ke kawasan di timur dan belakang Bandara Adisutjipto ini antara pukul 15.00 – 17.30 WIB. Tak perlu khawatir akan dipungut biaya, menikmati pemandangan berupa pesawat lepas landas dan mendarat di sini tidak dikenai biaya sepeser pun. Anda bisa datang dengan keluarga atau rekan untuk bersama-sama menghabiskan waktu luang di sore hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s