Lotek Teteg Baciro, Kuliner Legendaris Yogyakarta

Aditya Mahaprajnya 110904542

 

lintas.meCobek jumbo yang digunakan untuk meracik bumbu (foto via lintas.me)

 

Yogyakarta terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat. Di sebelah timur stasiun kereta api Lempuyangan, tepatnya di Jalan Argolubang 184 Gang Delima GK. IV/ 196, Baciro, terdapat warung makan legendaris bernama warung Lotek Teteg. Lotek adalah makanan berupa sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, kol, yang direbus kemudian disiram bumbu kacang dan ditaburi kerupuk serta bawang goreng. Teteg sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti palang pintu kereta api.

Warung ini pertama kali dibuka pada tahun 1968 oleh Bapak Untung. Pada awal berdirinya, warung ini hanya dikelola oleh pihak keluarga saja. Seiring berjalannya waktu warung ini terus berkembang dan kini warung Lotek Teteg memiliki beberapa karyawan untuk memudahkan pelayanan terhadap konsumen. Saat ini warung Lotek Teteg dikelola oleh Upi Nuraini, anak dari Bapak Untung.

Selain karena eksistensi warungnya yang sudah berjalan lebih dari empat puluh tahun, ciri khas unik dari warung lotek ini adalah pemakaian cobek berukuran jumbo dengan diameter sekitar delapan puluh centimeter. Sulit untuk menemukan cobek dengan ukuran tersebut karena ini merupakan pesanan khusus dari sang pemilik. Pemakaian cobek jumbo itu bertujuan agar dalam pembuatan bumbu kacang pada saat ramai pengunjung bisa dalam porsi besar sekaligus, sehingga para pelanggan tidak terlalu lama menunggu. Sekali meracik di cobek, bumbunya dapat digunakan untuk tujuh puluh porsi lotek.

Pengunjung warung ini terdiri dari beragam kalangan: dari mahasiswa hingga pensiunan pegawai negeri. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harga satu porsi lotek hanya Rp10 ribu rupiah saja. Tak hanya lotek, warung ini juga menyediakan menu gado-gado dan aneka minuman seperti jus buah atau pun teh. Rata-rata minuman dibanderol mulai dari Rp2 ribu sampai dengan Rp11 ribu.

Suasana semakin asyik karena anda juga akan ditemani oleh alunan musik dari sebuah grup yang kerap tampil di warung ini.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan Pukul 16.30 WIB.

 

map lotek tetegPeta lokasi warung Lotek Teteg

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s