Kesedihan dibalik Keceriaan Anak Panti Asuhan

Randy Septian (110904432)

Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling indah, di mana pada masa itu kasih sayang orang tua mengalir tanpa henti. Hal itu menjadi keinginan terbesar bagi setiap anak yang ada di dunia ini. Namun berbada halnya dengan anak-anak panti asuhan yang hidup tanpa orang tua. Sebagian besar dari mereka tidak mengetahui siapa orang tuanya karena sejak bayi mereka telah dititipkan di panti asuhan.

Panti Asuhan Hamba adalah salah satu panti asuhan di Yogyakarta yang menampung anak-anak dari segala penjuru Indonesia. Beberapa diantaranya berasal dari Jakarta dan bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri seperti Madagaskar. Panti Asuhan ini memiliki peringkat teratas rekomendasi dari dinas sosial, sehingga tak heran jika kita melihat banyak anak yang dititipkan ditempat ini.

IMG_0011

Berbicara mengenai anak-anak panti asuhan tentunya sedikit menimbulkan rasa iba di hati kita. Bagaimana tidak, anak-anak yang seharusnya berada dalam asuhan kedua orang tua namun yang terjadi ditempat ini adalah sebaliknya. Dari kecil mereka sudah dititipkan ditempat ini bahkan beberapa diantaranya sejak bayi sudah berada ditempat ini. Anak merupakan titipan Tuhan yang seharusnya kita jaga dengan sebaik-baiknya namun beberapa orang tua dengan sengaja menitipkan anaknya ditempat ini. Entah apa yang ada dipikiran mereka sehingga rela berpisah dengan anak-anaknya.

IMG_0010

“Terpinggirkan”, ya mungkin kata itu yang sering muncul dibenak kita ketika melihat anak-anak yang tidak memiliki orang tua kandung. Kelucuan dan keluguan yang tampak dari wajah mereka seakan menutupi rasa duka yang mereka rasakan. Beban hidup yang harus mereka jalani lebih berat dibandingkan dengan anak-anak lain seusia mereka yang hidup dalam kasih sayang orang tuanya. Tentunya hal ini akan mempengaruhi mereka dalam bersosialisi dengan lingkungan sekolahnya.

Peran orang tua asuh menjadi sangat penting bagi mereka, karena orang tua asuh menjadi orang tua kedua mereka yang akan mengajarkan dan menuntun mereka untuk menjadi manusia yang lebih baik. Anak-anak yang ada di panti asuhan ini sebagian berasal dari jalanan, mereka dididik dengan baik sehingga kelak tidak lagi kembali ke jalan melainkan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Menjadi orang tua asuh tidaklah semudah yang dibayangkan. Mereka harus bisa membagi waktu terhadap anak-anak yang jumlahnya tidak sedikit. Selain itu mereka juga harus bisa membagi kasih sayang dan mencintai anak-anak asuh layaknya anak mereka sendiri.

Perjuangan yang berat yang dialami oleh mereka tentunya memberikan pelajaran tersendiri bagi kita. Di mana kita harus menjaga anak kita dengan baik, bertanggung jawab atas kehidupan mereka sehingga kelak mereka bisa menjadi pribadi yang baik dan menjadi manusia yang berguna bagi sesama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s