Children of the Earth: Sekolah Tak Hanya Tentang Buku Pelajaran

Kesadaran mencintai lingkungan memang harus digalakkan sejak dini. Hal inilah yang coba untuk dijalankan Kalika Montessori School Yogyakarta. Mengambil tema ‘Children of the Earth’ dalam pementasan operet tutup tahunnya, para siswa diharap dapat merawat lingkungan dimulai dari lingkungan rumah dan sekolah.

“Tema ini diangkat agar anak-anak tahu pentingnya menjaga alam dan lingkungan sekitar,” tambah panitia penyelenggara, Yenmy. Menurutnya, sekolah tidak hanya menjadi tempat belajar kognitif berdasar dari buku pelajaran semata, tetapi juga harus mendidik moral dan mental anak-anak.

Cerita operet dimulai dengan mengisahkan bumi yang awalnya merupakan tempat yang baik dan asri untuk ditinggali manusia. Namun lambat laun, akibat ulah manusia pula bumi mulai rusak dan banyak bencana alam yang terjadi. Para murid yang berasal dari kelas Play Group hingga Sekolah Dasar pun turut berperan di dalamnya. Pada cerita pemanasan global, anak-anak bermain peran menjadi penguin-pinguin di Kutub Selatan yang mulai tergusur tempatnya karena es di kutub yang mulai mencair. Pada set lain, dengan desain visual, diceritakan pula bagaimana hutan-hutan mulai gundul karena penebangan ilegal.

Di akhir acara sendiri, para siswa diberi bingkisan berupa bibit pohon yang dapat ditanam di rumah mereka masing-masing. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya melestarikan dan merawat lingkungan. Selain itu, menurut salah satu orang tua siswa, Johana Lies, tema Children of the Earth patut diangkat karena melalui situlah ada banyak pesan yang bisa disampaikan.

“Tidak hanya lingkungan secara tumbuhan dan tanaman, tapi anak-anak juga belajar untuk peduli dan aware dengan hal sekitar. Seperti membereskan mainan, dan lain sebagainya.” tutupnya.

Resinta Sulistiyandari (130905094)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s