Siapa sangka pemuda-pemudi yang mayoritas adalah mahasiswa mampu menuntun anak-anak dari usia balita hingga sekolah dasar untuk mengembangkan iman rohani mereka. Sudah menjadi kegiatan sehari-hari pemuda-pemudi dari kampung Retnodumilah RT 29 RW 10 Rejowinangun Kotagede membimbing anak-anak muslim di sore hari. Mulai dari kegiatan Taman Pendidikan Alquran (TPA) atau sekedar belajar membaca dan menulis hingga berbuka bersama.

            Berawal dari kegiatan rutin TPA di sore hari, pemuda-pemudi Kotagede ini hendak membantu meningkatkan kualitas para iman anak-anak guna membentuk anak-anak yang soleh dan soleha. Tidak hanya belajar mengaji, anak-anak khususnya para balita diajarkan untuk menulis, menggambar dan mewarnai guna meningkatkan kreatifitas.

            Dalam menyambut bulan Ramadhan pun pemuda-pemudi Kotagede sudah menyiapkan beberapa rangkaian acara. Salah satunya mengadakan takjilan bersama di Masjid Ar-Rahiim Kotagede, Rabu (15/6). Selain guna menghidupkan suasana Ramadhan, pemuda-pemudi Kotagede mengajak anak-anak untuk menambah pahala sebagai umat muslim dengan berkumpul dan berbagi bersama dengan umat lainnya.

            “Acara ini diadakan guna mengajak anak-anak untuk menghidupkan bulan Ramadhan serta menambah pahala baik pemuda-pemudi dan warga sekitar sebagai umat muslim khususnya di bulan suci ini,” jelas Djuan selaku ketua panitia Ramadhan kampung Retnodumilah (15/6).

            Tidak hanya sekedar saling bersilahturahmi, berbagai kegiatan rohani juga dilakukan sore hari di setiap minggunya. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menguatkan keyakinan anak-anak sebagai kaum muslim sejak dini.

            “Ada beragam acara di setiap minggunya. Kami pemuda-pemudi sering mengadakan lomba membaca Alquran atau surat-surat. Terkadang juga lomba menggambar dan mewarnai agar anak-anak tidak bosan,” tutur Djuan.

            Dukungan warga sekitar kampung Retnodumilah tampak dengan antusiasnya para orang tua yang mengantar dan menemani anak-anak mereka. Djuan menjelaskan pula ada beberapa orang tua yang memberi bantuan dana dengan sukarela untuk membeli perlengkapan mengajar.

            “Adanya kegiatan rutin ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas para iman anak-anak sehingga tercipta generasi muda yang seloh dan seloha khususnya anak-anak dari kampung Retnodumilah,” lengkap Syahda salah satu pemuda kampung Retnodumilah RT 29 RW 10 Rejowinangun Kotagede.

Penulis: Helena Sandra Auriga 130904884

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s