PAKARI : Mengajak Anak-anak Untuk Kenal Musik Gamelan

DSC_0799

Pasti semua sudah tidak asing lagi dengan musik gamelan. Musik gamelan merupakan musik yang sering kita dengar disaat mengiringi tarian, acara keagamaan ataupun suatu pagelaran tertentu. Gamelan identik dengan kebudayaan jawa, dimana lagu-lagu yang biasa dilantunkan dengan musik gamelan merupakan lagu-lagu karawitan jawa. Hampir sebagian orang berpendapat bahwa musik gamelan adalah musik tradisional, dimana yang biasa memainkan musik gamelan ini adalah para orang tua atau orang dewasa. Maka dari itu gamelan dikenal dengan warisan budaya leluhur.

Di zaman sekarang ini hanya sebagian orang yang bisa dan masih memainkan gamelan. Hanya orang-orang tertentu yang masih mau mempelajari cara menabuh gamelan dengan baik. Jarang ditemukan anak-anak muda memainkan gamelan sebagai salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang mereka. Kini musik gamelan mulai perlahan-lahan dilupakan, mulai tak banyak para penabuh-penabuh baru yang rajin memainkan musik gamelan.

PAKARI yang merupakan paguyuban karawitan Sendangsari ini berusaha untuk membangkitkan kembali seni gamelan yang mulai tertelan oleh majunya teknologi. PAKARI yang merupakan paguyuban di desa Badran, Kelurahan Sendangsari, Minggir Sleman ini mengajak kembali anak-anak untuk belajar akan kesenian gamelan, kesenian dari daerah mereka. Hampir berdiri selama satu tahun ini mengajak anak-anak bisa beberapa kali mengikuti pementasan karawitan di Balai Kebudayaan Sendangsari. Tak dipungkiri pentas kesenian karawitan yang sering mereka ikuti membuat anak-anak menjadi senang dan semakin semangat untuk terus mempelajari seni gamelan.

“Dengan ikut hampir enam kali pentas di Balai Desa membuat anak-anak semakin semangat dalam berlatih. Mereka pernah mengatakan bahwa ketika mereka diundang untuk pentas, mereka akan dengan serius berlatih memainkan musik gamelan,” ucap Pak Sarno, pelatih karawitan.

Anak-anak yang ikut tergabung di dalam PAKARI ini juga mengatakan bahwa keikutsertaannya mereka di dalam PAKARI merupakan salah satu bentuk wujud mereka di dalam melestarikan budaya jawa. Hampir sekitar 17 lagu anak-anak yang sudah mereka pelajari di dalam musik gamelan ini. Selain mereka menjadi kenal akan musik gamelan, mereka juga kenal akan lagu anak-anak.

DSC_0804

“setelah aku belajar musik gamelan disini aku bisa tahu jenis-jenis gamelan yang ada dan lagu-lagu karawitan. Aku berharap bisa menjadi pengrawit hebat nantinnya,” ungkap Vian salah satu anak di dalam PAKARI ini.

Anak-anak dan Pak Sarno memiliki harapan bahwa dengan adanya PAKARI dan dengan mereka terus berlatih gamelan maka musik gamelan akan terus dipelajari dan semakin dikenal. Selain itu anak-anak mengharapkan bahwa dalam belajar gamelan ini tak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi kedepannya mereka mengharapkan dapat juga menjadi pelatih atau bisa mengajarkan kembali musik gamelan ini kepada semua orang. Tak hanya anak-anak saja yang memiliki harapan besar anak musik gamelan ini, Pak Sarno juga berharap bahwa setelah anak-anak ini belajar gamelan mereka semakin bertambah wawasan akan teori-teori dalam menabuh gamelan.

Fransisca Andeska Gladiaventa / 130904865

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s