Perpustakaan Sebagai Tempat Membaca Sejak Dini

IMG_2481

Para peserta lomba mewarnai dan menggambar dari TK Pertiwi 21

Siapa yang tidak pernah membaca buku? Pasti semua sudah mengenal buku sejak dari kecil seperti buku gambar maupun buku cerita. Saat kita memasuki masa sekolah di Taman Kanak-Kanak (TK) pun kita sudah mengenal buku pelajaran. Buku adalah sarana atau media pembelajaran yang paling efektif. Maka dari itu banyak yang menyebut bahwa buku adalah jendela dunia di mana kita bisa memahami segala sesuatu hanya dengan membaca buku.

Itulah salah satu tujuan utama dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Grhatama Pustaka. Dibantu oleh Luxury Public Relations Agency, Perpustakaan Grhatama Pustaka mengadakan lomba mewarnai dan menggambar pada 28 Mei 2016.

“ Kami mengambil tema Dolan Ning Perpus.” Kata Laura Elisabeth selaku perwakilan dari Luxury Public Relations.

Acara ini mengundang tamu spesial yaitu Bobby Blanco sang pesulap, dan mengundang anak-anak untuk ikut tur perpustakaan juga tersedia hadiah menarik lainnya.

Acara Lomba Mewarnai dan Menggambar

Saat anak-anak mulai berdatangan, anak-anak diwajibkan untuk mendaftar ulang di depan perpustakaan dan menerima name tag. Kemudian anak-anak akan dibawa ke basement perpustakaan di mana menjadi tempat acara lomba mewarnai dan menggambar.

Pertama-tama acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Selanjutnya kata sambutan dari perwakilan Luxury Public Relations Agency, Laura Elisabeth. Laura tidak menyangka bahwa anak-anak antusias dengan setiap kegiatan di acara tersebut.

“Acara ini diikuti oleh beberapa TK di Yogyakarta seperti TK Pertiwi 21 dan TK Sari Mekar, anak-anaknya pun antusias semua,” jelasnya.

Semua peserta dibagi menjadi dua grup yaitu Grup A dan Grup B. Grup A terlebih dahulu memulai lomba mewarnai dan menggambar sedangkan Grup B memulai dengan tur perpustakaan yang dibantu pihak Perpustakaan Grhatama Pustaka.

IMG_2602

Salah satu peserta sedang mewarnai

Menurut Laura, melalui tur perpustakaan yang merupakan salah satu kegiatan acara ini menjadi langkah untuk memperkenalkan budaya membaca pada anak-anak.

“Acara ini juga bisa untuk rekreasi dan juga memperkenalkan budaya membaca pada anak-anak,” jelas Laura.

Tur Perpustakaan

Anak-anak juga diajak untuk berkeliling melihat perpustakaan. Koleksi buku anak-anak di Perpustakaan Grhatama Pustaka pun terbilang lengkap, ada buku cerita, buku mewarnai, juga dilengkapi arena bermain anak. Perpustakaan ini juga khusus mendesain ruang membaca anak-anak menjadi lebih menarik dan berwana-warni agar anak-anak dapat betah membaca.

Salah satu pengunjung, Tyas, yang pada waktu itu datang juga mengatakan hal yang sama, “Acaranya bagus karena bisa membuat anak-anak suka membaca,” katanya.

Kegiatan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Grhatama Pustaka dan Luxury Public Relations Agency ini harus sering diadakan, mengingat banyak orang yang sekarang sudah mengurangi kegiatan membaca karena banyaknya kegiatan.

Anak-anak perlu didorong untuk terus membaca dan mencari informasi lewat buku, sehingga saat dewasa, anak-anak tersebut mampu menjadi pribadi yang berpengatahuan dan memiliki banyak ilmu.

IMG_2568

Interior ruang membaca anak-anak di Perpustakaan Daerah Grhatama Pustaka

Josephine Gisela

130905050

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s