Taekwondo: Bela Diri dan Pembentukan Karakter Anak

IMG_9255

 

“Puasa gak lemes kan?,” tanya Sanny Harsono, pelatih Taekwondo pada salah satu muridnya yang tampak tertidur menunggu jam latihan mulai.

Senin kedua pada bulan Juni ini memang dijadwalkan sebagai hari puasa bagi umat muslim. Tak salah Sanny merasa khawatir bila salah satu muridnya lemas akibat belum makan seharian. Namun ternyata murid Sanny menggelengkan kepalanya dengan mantap dan segera beranjak dari tempat duduknya menuju ke tempat latihan.

Tempat latihan terletak di lantai bawah gedung ini. Lebih tepatnya lokasi Expert Martial Arts Studio ini berada di Babarsari, Depok, Sleman. Sebenarnya tak hanya Taekwondo, di tempat ini juga disediakan jadwal latihan Muay Thai. Namun, ada yang berbeda dengan jadwal latihan di Expert Martial Arts Studio. Di sini tersedia jadwal khusus untuk anak-anak berlatih Taekwondo.

“Selama bulan puasa ini kami membuka jadwal latihan hari Senin pukul 15.30,” ungkap Sanny Harsono.

Latihan Taekwondo untuk anak-anak ini ternyata banyak diminati. Menurut Sanny, murid yang terdaftar berjumlah belasan.

“Kami mengemas latihan untuk anak-anak ini lebih ke fun supaya mereka senang dulu,” ungkap Budi Setiadi pemilik Expert Martial Arts Studio sekaligus pelatih Taekwondo.

Tak hanya membuat anak-anak senang dengan olahraga Taekwondo, Budi dan Sanny juga mendorong muridnya untuk berprestasi. Mereka berusaha membuat muridnya mau mengikuti kejuaraan yang diselenggarakan untuk anak-anak. Menurut Budi, ini menjadi salah satu cara membentuk karakter anak-anak menjadi percaya diri dan disiplin.

Salah satu muridnya, Nathania Priscilla Ibrahim (6) baru saja mendapatkan medali perak di Jepang. Nathania turun pada kategori poomsae atau teknik dalam Taekwondo. Ia terlihat senang dengan keberhasilannya mendapatkan medali emas.

Budi dan Sanny berharap, anak didiknya bisa lebih senang lagi dengan Taekwondo dan bisa berprestasi. Budi juga menegaskan bahwa Taekwondo tak hanya mengajarkan cara membela diri tetapi juga membentuk karakter anak sejak dini supaya percaya diri, toleransi, dan disiplin. (Benedicta Alvinta)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s