UAS JurOn 16

IMG_9717.JPG

Setiap memasuki bulan suci Ramadhan, beberapa kampung di kota Yogyakarta selalu menggelar acara buka puasa bersama biasanya umat muslim menyingkatnya dengan sebutan “Bukber”. Salah satunya adalah kampung Jogokaryan, yang secara rutin setiap tahunnya menggelar acara buka bersama dan menyediakan tempat untuk jajanan-jajanan yang akan dijual. Bagi umat muslim mereka menyebutnya dengan nama “takjil”.

IMG_9722.JPG

bagaimana terlihat bahwa antuisias dari anak-anak untuk berbuka bersama sangat besar. entah apa yang membuat mereka begitu menggebu-gebu untuk datang, mungkin saja bisa karena pada masa anak-anak lebih cenderung bermain guna untuk melatih motorik pada otak meraka. seperti yang dikatakan salah seorang anak kecil yang memiliki nama panggilan caca, bahwa ia datang karena banyak teman. “aku suka bertemu dengan teman-teman. kata bocah yang baru menginjak usia 8 tahun tersebut.

IMG_9751.JPG

bahkan dalam dunia anak-anak pun dalam konteks keagamaan, walau bukan ibadah sholat namun anak-anak yang datang pada acara buka bersama di kampung jogokaryan pada kamis 16/06/2016 duduk seperti halnya mereka sedang beribadah sholat. fenomena ini cukup menarik, dimana mereka diajarkan untuk berprilaku sesuai dengan ajaran agama (ibadah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s