Bentuk Kegiatan Anak Di Ruang Seni

 

Belajar dan bersekolah merupakan salah satu tugas seorang anak. Disekolah anak selalu diberikan berbagai ilmu pengetahuan umum, terkadang anak juga merasa lelah dan jenuh ketika seharian anak tersebut beraktivitas diruang dengan melakukan hal yang sama yaitu belajar.

Pendidikan memang menjadi alat kesuksesan setiap orang, hasilnya pun berupa kreativitas yang dapat ditempuh dengan cara yang berbeda- beda.akan tetapi biasanya wujud kreativitasnya dapat disalurkan di berbagai bidang salah satunya seni. Seni yang sering ditemukan disekolah tidak memiliki ruang terbuka yang cukup untuk bergerak, sehingga siswa pun sejatinya tidak menganggap sebagai salah satu pendidikan yang mengandung banyak nilai.

Jika diperhatikan baik-baik, sebenarnya anak-anak membutuhkan kesempatan untuk menyalurkan kreativitas mereka melalui seni, seperti olahraga, menari, atau bermain musik.  Seni juga dapat berfungsi sebagai melatih keahlian dan mengasah kepercayaan diri anak. Kreativitas dalam seni merupakan cara yang sangat seru untuk berkomunikasi dan bergembira, serta merupakan bagian dari kehidupan yang kaya dan membanggakan.

Berbica pada seni, pentingnya anak untuk belajar seni bukan merupakan hal yang asing, sebab dalam kenyataannya banyak anak-anak yang dinilai kurang mempunyai power ketika belajar dan menerima  materi di dalam kelas. Tetapi disisi lain anak tersebut justru mempunyai semangat dan kemauan yang lebih ketika anak tersebut berada didalam dunia art.

 

Untuk menghilangkan kejenuhan tersebut, sebaiknya sebagai orang tua melakukan dan memberi suatu hal atau ruang yang dapat membuat anak tersebut senang dan mempunyai manfaat bagi dirinya sendiri. Dengan mengenal hobi dan kesukaan anak memang sesuatu hal yang penting bagi orang tua, dengan hal tersebut anak akahirnya pun terhibur, sebab beban yang dirasakan anak tersebut perlahan-lahan akan menghilang karena anak tersebut mendapatkan aktivitas baru yang ia sukai.

Berbicara belajar, sekarang seorang anak juga bisa belajar tidak harus didalam ruangan atau kelas. Maksudnya adalah selain anak belajar tentang ilmu pengetahuan umum, namun ia juga membutuhkan belajar yang berbau seni. Karena disetiap jiwa kita sebagai manusia sebetulnya sama-sama memiliki jiwa seni, hanya saja masih belum bisa menyalurkannya saja. Praktisnya belajar seni adalah anak-anak bisa mempelajarinya dimana saja, hanya saja tetap dibawah arahan dan pantauan orang tua agar orang tua anak mengetahui perkembangan anak itu sendiri. Contoh beberapa kegiatan tersebut seperti sekolah olahraga dan sekolah musik, sebab kedua kegiatan tersebut mempunyai manfaat untuk anak dan ditambah bonus yaitu prestasi, jika anak tersebut mengikuti adu bakat sesuai bidangnya.

 

Olahraga yang satu ini adalah favorit anak yaitu renang. Di Yogyakarta sendiri mempunyai sekolah atau club renang khusus anak. Disana anak diajarkan berbagai gaya seperti gaya bebas, dolpin, dan gaya katak. Hampir semua masing-masing anak menguasai gaya tersebut. Keseruan yang dirasakan anak juga berkat arahan orang tua yang senantiasa ingin menyalurkan hobby anak. Olahraga dapat dibilang sebagai seni, sebab olahraga sendiri juga bisa menampilkan dan mempunyai sisi keindahan.

Selain itu ketika anak mulai jenuh dengan segala aktivitasnya, terdapat cara yang dapat membantu menenangkan pikiran anak yaitu dengan mendengarkan dan bermasin musik. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang unik dan menarik untuk diajarkan kepada anak. Untuk menghilangkan kejenuhan tidak hanya dengan bermain game, tetapi dengan kedua aktivitas tersebut merupakan salah satu cara yang positif, selain anak menjadi terhibur juga dapat menguntungkan bagi diri anak sendiri.

Yang terpenting sebagai orang tua harus peka terhadap kebutuhan anak, balajar disekolah memang yang utama, tetapi anak tersebut sebetulnya juga membutuhkan sesuatu hal atau kegiatan yang dapat menyeimbangkan kemampuannya agar bisa setabil. Contoh kasusunya, jika kita tahu atau pernah mengalami, entah itu adik, teman yang dikelas biasanya tidak mempunyai power dengan kata lain tidak mempunyai prestasi disekolah, anahnya ternyata ia jutru sangat berkompeten dalam fashion nya dibidang seni. Dari hal tersebut lebih baik orang tetap mendukung dari kemamapuan yang dimiliki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s