KURANGNYA TAMAN ANAK DI KOTA PELAJAR

Dimas Satria Putra

130904902

Seorang anak memanjat pagar rel di Taman Anak Lempuyangan

Seorang anak memanjat pagar rel di Taman Lempuyangan

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Dari kota ini, telah lahir orang-orang hebat yang menduduki posisi penting di negara ini.

Menyandang status kota pelajar, tentu pembinaan tumbuh kembang anak sejak kecil perlu diperhatikan. Salah satunya terkait ruang publik. Lebih spesifiknya adalah taman bermain anak.

Lingkungan adalah level ke dua setelah keluarga bagi anak untuk mengenal dunia. Pembelajaran di lingkungan dapat dimulai pada taman bermain di mana berisi anak-anak sebayanya. Hal ini sebagai tahap awal untuk mengenalkan anak pada dunia luar yang baru dikenalnya.

Namun Yogyakarta belum memiliki banyak taman bermain yang layak dan memadahi. Contoh taman bermain anak di Yogyakarta berada di daerah Lempuyangan, tepatnya di bawah jalan layang. Letaknya yang berada di bawah jalan layang yang sudah cukup tua tentu membahayakan keselamatan anak. Di samping itu juga, taman bermain berada di pinggir rel kereta api.

Nanang, salah satu orang tua yang ditemui di tempat mengaku mengajak anaknya bermain di taman bermain anak Lempuyangan karena lebih sederhana. Ia mengaku taman anak di kota Yogyakarta kurang bervariasi sehingga terkesan membosankan bagi orang tua juga anak. “Ngajak anak main biasanya di sini sama di Alun-Alun Selatan. Taman yang ada di kota kurang bervariasi juga”.

Tentu hal ini patut menjadi perhatian pemerintah kota Yogyakarta untuk memperbanyak taman bermain untuk anak, terutama di kampung-kampung. Di samping pembangunan hotel-hotel yang kerap kali memakan lahan perkampungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s