Yogyakarta, Kota Layak Anak?

Mulai dari tahun 2015 hingga nanti tahun 2019, Yogyakarta membenahi diri untuk menjadi kota yang layak anak. Banyak media memberitakan bahwa Yogyakarta telah dan sedang mempertahankan predikat tersebut. Namun dibalik itu semua, apakah Yogyakarta saat ini benar-benar menjadi kota yang layak anak?

Berbagai upaya dilakukan untuk mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang beliau keluarkan mulai tahun 2015 lalu. Hal ini juga disambut positif oleh walikota Yogyakarta yang telah menerbitkan kota layak anak yang ada di bawah ini.

Perwal Nomor 34 Tahun 2015 ttg Rencana Aksi Daerah Pengembangan Kota Layak Anak Kota Yogyakarta

Dalam hal ini Perda Kota Layak Anak (KLA) dibarengi juga oleh berbagai kebijakan yang diambil sendiri oleh masing-masing kota. Yogyakarta sendiri memilih untuk membangun sekolah ramah anak, kesehatan ramah anak dan ruang ramah anak.

Semua aturan yang berkaitan dengan kriteria terletak pada perda yang telah diatur dan diterbitkan oleh pemerintah kota Yogyakarta.

Namun kenyataannya, Yogyakarta bukanlah kota yang demikian, seiring bertumbuhnya modernisasi dan banyaknya orang yang hijrah dan menetap di Yogyakarta. Keadaan semakin padat, gedung-gedung semakin tinggi dan terlihat pula banyak anak-anak yang bermain di jalanan.

Vanie Sinanda, sebagai seorang aktivis yang bekerja untuk membuka ruang untuk anak mengatakan bahwa Yogyakarta belum menjadi kota yang ramah anak, hal ini terlihat sangat jelas. “Coba deh, lihat di kompleks-kompleks pemukiman, ada ga ruang bermain untuk anak?. Tidak kan? Anak-anak saat ini banyak bermain di jalan dan gang yang sempit. Hal ini tentu saja membahayakan bagi anak itu sendiri” jelas Vanie.

IMG_0039

Bukan hanya itu berbagai sampah visual juga sangat tidak ramah anak contohnya adalah iklan visual yang terdapat di berbagi jalan, yang berisi mengenai rokok.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah harusnya serius untuk menanggapi isu ini, dan ia merasa pemerintah harus melindungi generasi termuda di negara ini. (Aloycia Devi Ratna Sari Haran/ 130905196)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s