Permainan Anak Jaman Dulu VS Permainan Anak Jaman Sekarang

https://www.youtube.com/watch?v=NuB3S4Jzcb0

 

Uli Sari Simarmata (130905065)

Banyak hal yang membedakan di era 90-an dengan era sekarang, salah satunya adalah permainan. Di era 90-an, kita biasanya memainkan permainan seperti gasing, tamiya, petak umpet, congklak, dan lain sebagainya di luar ruangan. Sedangkan anak-anak jaman sekarang memainkan permainan tersebut melalui smartphone/ gadget mereka masing-masing. Permainan yang dimainkan masih sama, hanya saja mereka memainkannya di tempat yang berbeda.gasing
Dapat dikatakan jika anak-anak jaman sekarang kurang aktif saat bersama teman-temannya. Bayangkan saja, keseharian mereka sudah dilingkupi oleh gadget. Teman sepermainan mereka juga sama-sama menggunakan gadget. Rasa peduli dengan lingkungan sekitar juga semakin menurun.
Saya akan mengambil contoh yaitu adik saya sendiri yang masih duduk di kelas 3 SD. Ia mengenal permainan jaman dulu seperti yang disebutkan di atas, namun ia lebih tertarik untuk bermain melalui smartphone. Lebih enak, begitu jawabannya ketika ditanya mengenai alasan bermain gadget.
Sayang sebenarnya ketika melihat realitas yang ada. Tetapi kembali lagi, lahan yang kurang dan kemajuan teknologi yang besar tidak dapat dibendung lagi. Tidak salah ketika mereka lebih sering bermain gadget, karena memang jaman mereka adalah jaman gadget. Di mana semuanya dilakukan dengan gadget.
Namun, bila anak-anak tidak diajarkan sedikit demi sedikit permainan jaman dahulu atau setidaknya dikenalkan dengan permainan tersebut, kemungkinan permainan yang dulu sering kita mainkan masih bisa dimainkan oleh anak-anak jaman sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s